Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Serang bersama dengan rumah sakit swasta di Kota Serang mengumpulkan telur ayam untuk dibagikan kepada anak berisiko stunting.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang Nanang Saefudin di Serang, Banten, Senin, mengatakan pendistribusian telur ini program Endog Kepiting itu diinisiasikan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang.
 
"Semua ikut berpartisipasi dalam rangka menuntaskan stunting, sehingga terbentuknya program Endog Kangge Pecil Dipuni Boten Stunting (Kepiting), bukan hanya ASN Kota Serang, namun juga seluruh stakeholder di Kota Serang turut berpartisipasi," katanya.

Baca juga: Cegah stunting, Pemkot Serang kampanye gemari makan ikan
 
Nanang mengatakan saat ini kasus stunting di Kota Serang berada diposisi 19 persen yang diharapkan pada 2024 akhir nanti dapat 14 persen.
 
"Mengejar angka lima persen ini tidak mudah, makanya harus ada kolaborasi dan kerja sama diantara kita semua bukan dari Pemerintah Daerah saja tapi dari seluruh stakeholder yang ada di Kota Serang," katanya.
 
Sementara itu, Kepala DP3AKB Kota Serang Anton mengatakan kegiatan Endog Kepiting ini sudah berjalan selama dua pekan dan ini kedua kalinya pengumpulan telur, yang akan didistribusikan kepada anak berisiko stunting.
 
"Nanti jika sudah terkumpul, kita kemas, sesudahnya kita didistribusikan langsung. Ini pengumpulan telur di pekan kedua," katanya.

Baca juga: ASN Pemkot Serang bacakan ikrar netralitas pada Pemilu 2024
 
Anton mengatakan selain diperoleh dari para ASN Kota Serang, telur ini juga diperoleh dari seluruh rumah sakit swasta diantaranya RS Kencana, Sari Asih, Budi Asih, Prolab, dan Bank BJB KC Banten.
 
"Di pekan kemarin per keluarga kita berikan 10 butir telur, kalau sekarang jumlahnya meningkat kemungkinan juga menerimanya akan lebih banyak dari pekan kemarin" kata Anton.
 
Adapun pendistribusian tersebut akan diberikan langsung kepada posyandu di setiap kecamatan yang memiliki data secara khusus. Sehingga pendistribusian telur keluarga berisiko stunting bisa lebih tepat sasaran.

Baca juga: Pemkot Serang targetkan Rp1 miliar pada Bulan Dana PMI 2023

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023