Jakarta, (Antara News) - Gubernur Banten Wahidin Halim berjanji untuk mengurangi ketimpangan pembangunan di Provinsi Banten antara wilayah utara dengan selatan, yakni Kabupaten Pandeglang dan Lebak.

"Harus kita tingkatkan di wilayah selatan. Apa yang menjadi kekurangan selama ini, salah satunya infrastruktur," kata Wahidin Halim usai dilantik menjadi Gubernur Banten di Istana Negara Jakarta, Jumat.

Menurutnya, selama ini wilayah selatan Banten yakni Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak masih terjadi disparitas dibandingkan wilayah utara Banten terutama Tangerang.

"Kalau Tangerang kan ada ekspansi dari Jakarta karena memang dekat dengan Jakarta. Jadi ada faktor -faktor yang mendorong kemajuan di Tangerang," kata Wahidin.

Oleh karena itu, pihaknya berharap Kabupaten Lebak dan Pandeglang harus mengejar disparitas tersebut dengan kota/kabupaten lainnya di Banten.

"Persoalan utamanya infrastruktur jalan," kata Wahidin.

Selain soal ketimpangan utara dan selatan di Banten, setelah resmi menjadi gubernur Banten tersebut segera langsung bekerja dan membangun kordinasi dengan delapan kabupaten/kota di Banten serta mengawal proyek-proyek strategis nasional.

Ketua DPR Banten Asep Rahmatullah mengatakan, setelah dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim dan Andika Hazrumy, bisa segera bekerja dan membangun sinergitas dengan DPRD Banten dalam menjalankan visi dan misi yang telah disampaikan sebelumnya.

"Mudah-mudahan bisa segera bekerja dab membangun sinergitas dengan DPRD. Karena sesuai ketentuan Undang-undang bahwa penyelenggara pemerintahan di daerah adalah gubernur dan DPRD," kata Asep.

Menurutnya, dengan dilantiknya gubernur dan wakil gubernur Banten tersebut, diharapkan keduanya bisa segera bekerja untuk menyelesaikan persoalan-persoalan pembangunan di Banten yang selama ini masih dianggap kurang.

"Ya prioritas di Banten itu misalnya persoalan infrastruktur," kata Asep.

Wahidin Halim dan Andika Hazrumy secara resmi dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur Banten 2017-2022, oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, di Jakarta, Jumat.

Pelantikan gubernur Banten hasil pilkada serentak 2017 tersebut, bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Barat, Gorontalo, Papua Barat, Bangka Belitung dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017