Pemerintah Kota Tangerang Banten mendapatkan bantuan mobil pemadam kebakaran dan personel dari Pemprov DKI hingga daerah lainnya untuk mengatasi kebakaran di TPA Rawakucing. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan di Tangerang, Sabtu mengatakan bantuan penanganan kebakaran di TPA Rawakucing yang diterima Pemkot Tangerang berasal dari Kota Tangerang Selatan yaitu dua unit pemadam dan 10 personel, Kabupaten Tangerang tiga unit kendaraan pemadam dan 10 personel.

Pemerintah Provinsi Banten 31 unit tangki, satu kendaraan Firedoom dan tujuh personel, DKI Jakarta dengan dua unit pemadam dan 10 personel.

Bandara Internasional Soetta dengan dua unit pemadam dan empat personel. PMI Kota Tangerang dengan tiga mobil tangki dan personil serta mobil water canon dari Polres Metro Tangerang Kota.

"Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Semoga api bisa cepat padam dan normal kembali," kata Maryono Hasan.

Baca juga: Kobaran api di TPA Rawakucing disebut sudah berkurang

Kebakaran di TPA Rawakucing Kota Tangerang di wilayah Neglasari terjadi pada hari Jumat (20/10) siang diduga disebabkan cuaca panas. Api cepat membesar karena sampah plastik yang mudah terbakar.

Dugaan sementara, api muncul pertama kali di area landfill pintu satu. Namun karena kencangnya tiupan angin merambat ke tumpukan sampah di pintu dua dan tiga.

Sebanyak 534 personel gabungan BPBD, DLH, PUPR, Disbudpar dan juga Satpol PP dikerahkan untuk membantu menangani kebakaran di TPA Rawakucing.

Pemkot juga menurunkan sebanyak 34 mobil pemadam kebakaran, 20 mobil tangki pertamanan, empat unit mobil tangki DLH, mobil tangki dari Perumda Tirta Benteng, serta dua pompa portabel Dinas PUPR.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah saat dihubungi mengungkapkan intensitas kobaran api di TPA Rawakucing hingga Sabtu pagi sudah berkurang meski masih ada beberapa titik api tapi tak sebesar kemarin.

"Pagi ini masih ada beberapa titik api di TPA Rawa Kucing, terutama di pintu 3. Kondisinya sudah tidak separah kemarin siang dan tadi malam," katanya.

Baca juga: Dinkes Tangerang siapkan mini ICU di lokasi kebakaran TPA Rawakucing
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023