BPBD Kota Tangerang, Banten menyebutkan dua jembatan timbang bongkar muat beserta kontainer ikut terbakar akibat insiden kebakaran yang terjadi di TPA Rawakucing.

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan di Tangerang, Jumat mengatakan, akibat terbakarnya jembatan timbang maka menyebabkan pelayanan bongkar muatan sampah dari pulihan truk terganggu.

"Pelayanan bongkar muatan sampah dari puluhan truk sampah yang ada terganggu. Kita masih upayakan pemadaman dan pendinginan," kata Maryono.

Dampak lain dari kebakaran di TPA Rawakucing adalah ditutupnya lalu lintas di Jalan Iskandar Muda.

Baca juga: Sampah di TPA Rawakucing, BPBD Tangerang masih berusaha padamkan api

Kendaraan yang melintas dialihkan ke jalur-jalur lainnya untuk mempermudah akses penanganan para petugas. "Agar tidak membahayakan warga atau pengendara," katanya.

Perlu diketahui kebakaran di TPA Rawakucing terjadi pukul 14.00 WIB yang diduga disebabkan cuaca panas. Api cepat membesar karena sampah plastik yang mudah terbakar.

Api muncul pertama kali di area landfill pintu satu. Namun karena kencangnya tiupan angin merambat ke tumpukan sampah di pintu dua dan tiga.

Sebanyak 105 personil dan 24 unit mobil pemadam kebakaran pun diterjunkan dalam memadamkan api. Pemkot Tangerang juga mengerahkan 10 unit mobil tangki dari Disbudpar dan empat mobil DLH dalam membantu percepatan pemadaman.

Baca juga: Kebakaran di TPA Rawakucing Tangerang berawal dari area landfill

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023