Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten mencatat sebanyak 30.200 kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang terjadi selama periode Agustus-September 2023 atau saat musim kemarau panjang.

"Kasus ISPA di kita ada, tapi peningkatan tidak terlalu signifikan. Dari bulan Agustus-September itu ada 30.200 kasus dan itu total semua kunjungan ke seluruh faskes dari jumlah penduduk di Kabupaten Tangerang," kata Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang Achmad Muchlis di Tangerang, Senin.

Ia menyebutkan dari puluhan ribu kasus ISPA yang terdeteksi selama musim kemarau itu mengalami peningkatan sekitar 0,1 persen atau dari angka 30 ribu menjadi 30.200 ribu kasus.

Baca juga: Dinkes: Angka kasus ISPA di Kota Serang meningkat pada Agustus

"Dari selama bulan terakhir ini ada peningkatannya sedikit. Jadi dari 30 ribu itu paling meningkat 30.100 sampai 30.200," katanya.

Dia merinci pada periode bulan Agustus-September itu penderita ISPA terbanyak dari golongan usia produktif seperti 15 sampai 50 tahun.

Menurutnya, masih tingginya angka penderita ISPA tersebut dipengaruhi oleh terjadinya musim kemarau panjang akibat dampak fenomena El-Nino yang terjadi di Indonesia.

"Sekarang yang terjadi itu kan musim panas, kemudian berdampak terhadap kesehatan seperti batuk atau radang tenggorokan. Maka itu juga masuknya ISPA. Dan pengaruh peningkatan polusi udara sangat mempengaruhi kondisi ini," ungkapnya.

Baca juga: Angka kasus ISPA dipastikan terus meningkat

Kendati demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar bisa menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin, rajin berolahraga, menggunakan masker serta sebisa mungkin mengurangi aktivitas pembakaran sampah untuk mengurangi asap polusi udara.

"Selain itu kami mengingatkan agar masyarakat juga kurangi mengkonsumsi air es atau minuman berwarna. Seharusnya, banyak minum air putih dengan banyak," dia mengimbau.*

Baca juga: Diduga dampak polusi, RSUD Kabupaten Tangerang tangani 23 kasus ISPA

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023