Lebak, (Antara News) - Bupati Lebak Iti Octavia mengajak masyarakat dan pelajar membudayakan gemar membaca untuk mendongkrak indeks pembangunan manusia (IPM) di daerah ini.

"Dengan budaya membaca itu tentu dapat meningkatkan wawasan keilmuan, pengetahuan dan keterampilan," kata Iti Octavia di Lebak, Banten, Minggu.

Pemerintah daerah menerbitkan regulasi program "Lebak Cerdas" diantaranya mendorong masyarakat dan pelajar agar membudayakan gemar membaca buku-buku yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia.

Sebab, membaca buku-buku itu akan mengubah perilaku hidup yang awalnya pemalas, namun setelah membaca buku terinspirasi untuk bangkit maju berkarya maupun bekerja.

Saat ini, minat membaca di masyarakat maupun pelajar masih rendah sehingga terus dilakukan terobosan antara lain melalui pembangunan "Perpustakaan Saija Adinda" milik pemerintah daerah.

Selain itu juga mengoptimalkan perpustakaan dengan mobil keliling ke pelosok desa maupun perkampungan.

Pemerintah daerah juga semua desa dan kelurahan sebanyak 345 desa/kelurahan, termasuk kantor kecamatan mewajibkan memiliki perpustakaan.

Begitu juga seluruh sekolah mulai tingkat SD/SMP dan SMA/SMK juga tersedia sarana perpustakaan.

"Kami berharap terobosan itu agar budaya membaca di kalangan pelajar dan masyarakat dapat meningkatkan kualitas IPM dan SDM," ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kabupaten Lebak Asep Komar mengatakan pihaknya menargetkan kunjungan pembaca "Perpustakaan Saija Adinda" sekitar 90.000 orang baik masyarakat maupun pelajar.

Perpustakaan milik pemerintah daerah itu berlokasi di Jalan Alun-alun Barat telah dilakukan penataan agar pengunjung lebih nyaman dan berlama-lama membaca buku.

Penataan guna mendongkrak pelajar dan masyarakat menyukai buku bacaan.

Pemerintah daerah juga memperbanyak koleksi buku-buku baik buku maupun judul buku tersebut.

"Kami berharap dengan penataan ruangan itu juga pengadaan buku-buku perpustakaan dapat mendongkrak pelajar dan masyarakat gemar membaca," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017