Pandeglang, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang menyatakan optimistis adanya bantuan dari Pemprov Banten akan mempercepat upaya perbaikan jalan, termasuk jalan lingkungan.

"Memang kita perlu dukungan untuk percepatan perbaikan jalan lingkungan. Adanya bantuan Pemprov Banten akan mempercepat program perbaikan jalan yang dilakukan," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Sabtu.

Menurut dia, jika hanya mengandalkan anggaran dari Pemkab Pandeglang, perbaikan jalan lingkungan butuh waktu lama mengingat keterbatasan anggaran sementara ruas jalan cukup banyak.

Di Kabupaten Pandeglang terdapat 339 desa/kelurahan yang tersebar di 35 kecamatan. Jika pada satu desa/kelurahan terdapat satu ruas jalan lingkungan maka cukup banyak titik jalan lingkungan itu.

Bupati menyatakan sangat menyadari pentingnya infrastruktur dalam menunjang pembangunan, terutama jalan, baik jalan lingkungan, produksi maupun jalan kabupaten.

Karena itu, pembangunan jalan menjadi salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2016-2021, selain pengentasan desa tertinggal.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pandeglang Ramadani menjelaskan, pada 2017 Provinsi Banten membantu anggaran sebesar Rp10,6 miliar untuk perbaikan jalan lingkungan di daerah ini.

"Tahun ini kita mendapat bantuan keuangan Rp10,6 miliar untuk perbaikan jalan lingkungan dari Pemprov Banten," kata Kepala Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Pandeglang Ramadani di Pandeglang, Kamis.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pandeglang Anwari Husnira menyatakan pada tahun ini terdapat 203 paket program pembangunan/perbaikan jalan yang titiknya tersebar di 35 kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang. Total anggaran sekitar Rp260 miliar, atau rata-rata per paket Rp1,13 miliar.

Dengan cukup banyaknya program perbaikan, maka akan mengurangi tingkat kerusakan jalan di daerah ini yang mencapai 71 persen.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017