Tangerang, (Antara News) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin mengajak sejumlah pejabat  bersepeda untuk mengecek pintu air dalam mengantisipasi terjadinya banjir.

"Ada pengaduan warga terkait kondisi air, makanya kita langsung mengecek ke pintu air, jadi kita  merespon secara cepat pengaduan yang masuk," katanya di Tangerang, Sabtu.

Lokasi yang menjadi pemantauan adalah pintu air baru saluran irigasi Sipon di Kelurahan Cipondoh Makmur. Sebelumnya, di lokasi tersebut belum ada pintu air dan beberapa waktu lalu telah dipasangi.

Tujuannya adalah untuk mengantisipasi luapan air ke jalan dan pemukiman ketika musim penghujan. "Jadi nanti air bisa langsung di bypass agar cepat mengalir dan tak meluap ke jalan," ujarnya.

Selain itu, Wali Kota juga mengecek kondisi saluran air di pemukiman warga serta jalan - jalan umum. Hal tersebut sebagai tindak lanjut dari pengaduan warga yang masuk melalui media sosial maupun LAKSA.

Meski bukan musim hujan namun antisipasi dan kebersihan tetap harus dijaga setiap saat. Kesadaran warga untuk menjaga lingkungannya agar tetap bersih terutama saluran air.

Begitu juga dengan membersihkan barang - barang bekas agar tidak menimbulkan jentik nyamuk.

"Tolong dibersihkan ya pak. Jangan buang sampah ke saluran air. Kumpulkan saja nanti ada petugas yang mengangkut," katanya kepada seorang warga yang ditemui.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menuturkan, kunjungan ke pemukiman warga sangat efektif karena langsung memberikan edukasi kepada masyarakat dan menyelesaikan masalah secara cepat.

Setiap pengaduan warga yang masuk dari berbagai layanan pengaduan, akan segera ditindak lanjuti dan tentunya warga pun harus menjaga lingkungan. "Ini bagian dari upaya menyelesaikan masalah secara cepat dan pendekatan," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017