Tangerang, (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang Banten akan menambah pemasangan penerangan jalan umum "Smart PJU" di jalan - jalan umum.

Kepala Bidang PJU Kota Tangerang Mahdiar di Tangerang Kamis mengatakan, hingga akhir tahun 2016 melalui program Tangerang Terang telah terpasang 22.043 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan umum dengan lebar jalan yakni kurang lebih tiga meter.

Dijelaskannya, penerangan di jalan umum menggunakan lampu dengan ukuran mencapai 250 watt.

Terkait Smart PJU, dijelaskannya telah terpasang di tiga ruas jalan yakni Jalan M. Yamin sebanyak 36 titik, Jalan Sudirman 32 titik dan Jl. MH Thamrin Cikokol 188 titik.

Smart PJU berbeda dengan PJU pada umumnya karena mudah dilakukan pengawasan terhadap PJU yang mati di jalan umum.

Caranya, petugas bisa memantau kapan saja melalui aplikasi khusus terhadap PJU yang tidak aktif dan dilakukan penanganan secara cepat.

Selain itu, penerangan dari lampu Smart PJU pun bisa dikontrol oleh petugas dari jarak jauh sesuai dengan kebutuhan.

"Kita bisa pantau dengan aplikasi jika ada titik PJU yang mati dan langsung menerjunkan petugas lapangan. Begitu juga dengan kecerahan lampu yang bisa disesuaikan," ujarnya.

Pada tahun ini, rencananya sebanyak 72 titik di jalan umum akan kembali dipasangi Smart PJU. "Ada penambahan lagi beberapa titik tahun ini," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017