Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang telah mendorong 50 lebih produk UMKM untuk ikut kurasi manajemen Hotel Golden Tulip agar produk mereka bisa dijual di hotel tersebut, dalam rangka merealisasikan Program UMKM Go Hotel.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh dalam keterangannya di Tangerang, Selasa, mengatakan kegiatan ini merupakan terobosan untuk mempromosikan produk-produk yang dinilai potensial kepada wisatawan dari luar daerah.

"Oleh karena itu program ini secara khusus menyasar hotel-hotel ternama di Kota Tangerang,” ucapnya. 

Baca juga: Satpol PP Kota Tangerang buka call center pengaduan soal gepeng-anjal

Ia mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus melakukan terobosan baru dalam mengembangkan pariwisata di kota itu, diantaranya membantu promosi produk UMKM.

Program UMKM Go Hotel ini, lanjutnya, dilakukan untuk mengembangkan potensi pariwisata, khususnya ekonomi kreatif, dengan melibatkan puluhan UMKM binaan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM.

Ia mengatakan produk-produk UMKM yang difasilitasi dalam Program UMKM Go Hotel ini juga beragam mulai dari kuliner, makanan ringan, sampai berbagai kerajinan tangan.

Setelah proses kurasi dilakukan, kata dia, produk-produk UMKM tersebut akan difasilitasi untuk ditampilkan di etalase pusat oleh-oleh yang berada di Hotel Golden Tulip, Kota Tangerang.

Baca juga: Diskominfo Kota Tangerang gelar lomba Kampung Digital

“Tentunya ini diharapkan menjadi terobosan yang efektif. Terlebih lewat Program UMKM Go Hotel ini produk-produk UMKM bisa bersaing dan mendapatkan kesempatan lebih besar untuk dikonsumsi oleh jangkauan publik yang lebih luas. Sehingga terobosan ini juga dinilai berpotensi meningkatkan kemakmuran para pelaku UMKM di Kota Tangerang,” katanya.

Selain itu Disbudpar Kota Tangerang menegaskan Program UMKM Go Hotel akan terus dioptimalkan dengan cara menyasar hotel-hotel ternama lainnya di seluruh kawasan Kota Tangerang.

"Kita akan terus promosikan dan jalin kerja sama dengan hotel agar semakin dikenal produk UMKM Kota Tangerang," ujarnya.

Baca juga: Puskesmas Paninggilan Ciledug buka pelayanan BPJS kesehatan keliling

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023