Pemerintah Kota Tangerang Banten memastikan indeks inflasi per September dalam kategori baik dan terus menurun dari bulan sebelumnya.

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang, Yeti Rohaeti di Tangerang Jumat mengatakan inflasi year-on-year (Y on Y) Kota Tangerang mengalami perkembangan yang positif dengan terjadi penurunan yang konsisten.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang, inflasi bulan Juni yakni 2,98 persen, Juli dengan angka 2,82 persen, Agustus angka 2,81 persen dan sampai September di angka 1,97 persen.

"Data ini menunjukkan, inflasi di Kota Tangerang tetap dalam kategori normal, terkendali, dan terus menurun seiring dengan kestabilan perekonomian di Kota Tangerang," kata Yeti dalam keterangannya.

Meski adanya penurunan, Yeti mengakui memang terjadi kenaikan harga di berbagai barang komoditas dan jasa di Kota Tangerang seperti beras, cabai merah, tomat, daging ayam, dan sebagainya.

Baca juga: Minum air berlebihan bisa memicu overhidrasi

Dari pemaparan BPS, kenaikan harga kebutuhan pokok tersebut disebabkan oleh fenomena El-Nino yang mengakibatkan kemarau dan kekeringan panjang terjadi secara nasional.

Data tersebut juga menjelaskan, kekeringan yang terjadi sangat berdampak pada produksi bahan-bahan pokok tersebut. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sejauh ini dengan sigap telah mengantisipasi kondisi ini dengan melakukan langkah-langkah yang strategis.

"Namun, masyarakat tidak perlu khawatir, angka inflasi di Kota Tangerang tergolong normal, bahkan mengalami penurunan yang konsisten, serta lebih baik dibanding daerah-daerah di sekitarnya,” katanya.

Sementara itu langkah yang telah dilakukan untuk mengendalikan inflasi di Kota Tangerang tetap terkendali diantaranya menggelar gelar pangan murah di seluruh kecamatan.

"Ini untuk menjamin ketersediaan kebutuhan pokok bagi masyarakat Kota Tangerang," pungkas Yeti Rohaeti.

Baca juga: Pemkot Tangerang ajak masyarakat hadiri "World Walking Day" besok

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023