Dalam rangka mendukung kampanye Ayo Aman Berlalu Lintas, Astra Tol Tangerang-Merak melakukan kegiatan Roadsafety Campaign yang di kolaborasikan dengan Customer Gathering 2023, di Rest Area KM 68 A (arah Merak).

Kegiatan ini berisi talkshow keselamatan yang mengusung tema meningkatkan keselamatan berkendara melalui Eco Driving, dengan tagline “safe driving saves your life”. 

Pada kegiatan tersebut, Astra Toll menyediakan uji emisi untuk kendaraan kecil dan golongan besar. Kegiatan ini secara rutin diselenggarakan oleh Astra Toll Tangerang-Merak yang biasa digelar pada bulan keselamatan Astra melalui gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas (IAABL), hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya di jalan tol.

Selain itu kegiatan ini menjadi program lanjutan dari Operasi Mengantuk dan Pembagian APCT (Alat Pemantul Cahaya Tambahan) sebagai upaya ASTRA Tol Tangerang-Merak dalam meningkatkan keselamatan berkendara yang telah diselenggarakan Mei lalu. 

Baca juga: ASTRA Tol Tangerang-Merak lakukan rekonstruksi dan pelapisan ulang aspal

Rinaldi selaku Direktur Operasi Astra Tol Tangerang-Merak yang hadir pada kegiatan tersebut menuturkan Jalan Tol Tangerang-Merak memiliki komposisi pengguna jalan kendaraan penumpang (golongan 1) sebesar 74,80% dan kendaraan barang (golongan II-V) 25,20%.

"Jalan Tol Tamer itu memiliki komposisi pengguna jalan kendaraan penumpang golon1 sebesar 74,80 persen dan kendaraan barang golongan II-V itu 25,20 persenan. Melihat kecenderungan kualitas udara di wilayah Jakarta dan Banten buruk pada beberapa minggu terakhir, tentunya hal tersebut tidak lepas dari sumber emisi transportasi dan pencemaran lain seperti asap dari pembakaran industri maupun lahan yang semakin intens pada musim kemarau ini," kata Rinaldi.

Melihat fenomena tersebut ASTRA Tol Tangerang Merak memiliki kepedulian serta tanggung jawab sosial terhadap keselamatan pengguna jalan tol serta keinginan 
untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang lebih baik untuk masa depan melalui implementasi Environment, Social, and Governance (ESG).

"Kami berupaya untuk terus membangun kesadaran bersama perusahaan, masyarakat khususnya pengguna jalan dalam berkendara selamat namun tetap ramah lingkungan (safe and eco driving)," tambah Rinaldi.

Baca juga: Jalan tol Cijago sekarang tembus hingga Bandara Soekerno-Hatta

Kegiatan Road Safety Campaign and Customer Gathering yang menghadirkan narasumber dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Praktisi Defensive Driving and Riding ini, diikuti antusias oleh para pengguna jalan yang terdiri dari berbagai komunitas kendaraan, mulai dari komunitas roda empat atau kendaraan golongan 1 hingga komunitas supir truk yang mewakili pengguna kendaraan golongan 2 - 5.

Pasalnya peserta yang hadir mendapatkan penyegaran wawasan tentang cara-cara berkendara yang aman, hemat dan ramah lingkungan, sekaligus memboyong hadiah uang elektronik bernilai jutaan rupiah.

Selain mendapatkan layanan uji emisi gratis,  Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas, Uswatun Hasanah menjelaskan,  pengguna jalan yang kendaraannya lulus uji emisi juga mendapatkan apresiasi bibit pohon dan diberikan stiker APCT (Alat Pemantul Cahaya Tambahan) untuk kendaraan golongan besar, dan penempelan stiker IAABL (Indonesia Aman Berlalu Lintas) untuk kendaraan golongan kecil, hal ini tentunya untuk menambah kelengkapan keselamatan kendaraan.

Pada kegiatan rangkaian Road Safety Campaign and Customer Gathering ini, Astra tol Tangerang Merak bersinergi dengan grup Astra, Astra Isuzu Sales Operation serta Astra Daihatsu Sales Operation perwakilan Astra Grup Banten. Hal ini menunjukkan sinergi yang cukup kuat dari value chain Astra di daerah khususnya di Banten.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 ditargetkan beroperasi pada 2024
 

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023