Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten menyatakan seluruh puskesmas di daerah itu melayani pemeriksaan profil lipid untuk mengetahui penyakit kardiovaskular, yakni terkait jantung dan pembuluh darah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, mengatakan pemeriksaan profile lipid ditujukan bagi orang dewasa atau di atas usia 30 tahun.

Seluruh puskesmas di Kota Tangerang bisa memberikan pelayanan pemeriksaan ini secara gratis dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Baca juga: Laris, sejumlah GOR di Tangerang tersewa hingga akhir tahun

Pemeriksaan laboratorium profil Lipid terdiri atasi total cholesterol, triglyserida, high density lipoprotein (HDL), dan low density lipoprotein (LDL). Dengan pemeriksaan profil lipid, dapat melihat apakah ada potensi menderita penyakit kardiovaskular, sehingga dapat segera dilakukan antisipasi.

"Penyakit kardiovaskular ini umumnya terjadi pada orang dewasa di atas 30 tahun. Pemeriksaan gratis dengan menggunakan BPJS yang sudah terdaftar di puskesmas wilayah masing-masing di Kota Tangerang," ujarnya

Dini mengimbau agar masyarakat Kota Tangerang untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, sehingga dengan gaya hidup yang sehat dapat menurunkan risiko terkena penyakit.

Jangan lupa juga untuk diimbangi dengan olahraga sesuai dengan kebutuhan dan istirahat yang cukup. Dengan gaya hidup yang sehat, dapat menurunkan risiko terkena penyakit, termasuk kardiovaskular.

"Sehingga seluruh masyarakat Kota Tangerang menjadi sehat dan produktif," pungkas Dini Anggraeni.

Baca juga: Pemeriksaan triple eliminasi termasuk syphilis di Kota Tangerang gratis

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023