Serang (Antara News) - Kuota keberangkatan jamaah calon haji untuk Provinsi Banten Tahun 2017 bertambah dari tahun 2016 sekitar 6.800 orang menjadi 9.420 orang.

"Kuota haji untuk Banten tahun ini lebih dari normal. Kita mendapat kuota 9.420 orang mulai tahun ini," kata Kepala Kanwil Kemenag Banten H Bazari Syam di Serang, Jumat.

Menurut Bazari, biasanya kuota haji untuk Provinsi Banten semenjak ada pengurangan kuota beberapa tahun sebelumnya sebanyak 6.800-an orang.

Sedangkan kuota haji normal untuk Banten setiap tahunnya sebanyak 8.541 sebelum adanya pengurangan kuota.

Kanwil Kemenag Banten sudah mendapatkan kepastian dari Kementerian Agama mengenai penambahan kuota haji untuk Provinsi Banten untuk selanjutnya dibagikan ke delapan kabupaten/kota.

"Nanti kita atur untuk masing-masing kabupaten/kota-nya. Yang jelas kita sudah mendapatkan kepastian itu dari pusat," katanya.

Menurutnya, calon jamaah haji yang lanjut usia tetap akan menjadi prioritas untuk terlebih dahulu diberangkatkan sesuai dengan ketentuan.

Sebelumnya Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud menyatakan akan mengembalikan kuota haji Indonesia ke tingkat normal seperti sediakala yakni sebanyak 211.000 kursi dalam setiap tahunnya.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dalam jumpa pers sesaat setelah rampungnya acara penyambutan Raja Salman di Istana Bogor, Rabu (1/3).

"Secara khusus, Presiden Jokowi mengapresiasi pengembalian kuota haji Indonesia ke tingkat yang normal yaitu 211.000," kata Retno.

Ia menambahkan kedatangan Raja Salman juga menghadirkan berkah yakni kuota tambahan haji untuk 2017.

"Ada pemberian kuota tambahan untuk tahun 2017 sebesar 10.000 kursi," katanya.

Retno mengatakan Indonesia dan Arab Saudi adalah dua negara besar dengan mayoritas penduduk beragama Islam.

Menurut Menlu, masing-masing negara memiliki pengaruh penting di kawasan dan merupakan anggota G-20 dan OKI.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017