Serang (Antara News) - Alfamart berkerjasama dengan komunitas Rumah Sekolah Jendela Pelangi menyelenggarakan pelatihan kreasi daur ulang limbah botol plastik kepada ibur rumah tangga warga Balaraja, Tangerang Provinsi Banten.

"Melalui pelatihan ini diharapkan warga lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi sampah botol plastik, juga dapat mendaur ulang limbah botol tersebut menjadi barang yang bernilai ekonomis," kata Branch Manager Alfamart Balaraja Yosef Risdianto di Balaraja, Senin.

Yosef mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan Minggu (5/3) mengajarkan cara membuat ragam gantungan dari barang bekas yang ada di sekitar.

Sedangkan fasilitator Rumah Sekolah Jendela Pelangi, Stufa Fauziah menambahkan, ketrampilan ini bisa dipelajari dan bisa menjadikan ibu-ibu mandiri, sebab barangnya layak jual atau memiliki nilai ekonomi.

Bahan yang diperlukan antara lain botol plastik bekas air mineral, gunting, lem tembak, tembakan lem, pita,cutter, gantungan baju dan pita kawat.

Didampingi beberapa orang fasilitator, peserta yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga itu asyik mengikuti instruksi.

Lebih jauh Yosef mengatakan, pelatihan kewirausahaan semacam ini akan berlangsung rutin dua bulan sekali di setiap cabang yang memiliki toko Alfamart.

"Tujuannya, tak lain untuk memberdayakan warga agar menjadi mandiri secara finansial. Kegiatan ini selaras dengan pilar CSR Alfamart SME’s (Small Medium Enterprises) atau UKM," katanya.

Dia menuturkan, perusahaan tak hanya peduli terhadap UKM yang sudah jadi atau sudah memiliki omzet, tapi juga peduli terhadap warga yang berniat menjadi UKM pemula.

Kepedulian terhadap UKM yang sudah dilakukan perusahaan selama ini antara lain dengan melibatkan mereka bergabung membuka usaha di halaman toko hingga melibatkan mereka untuk menyuplai barang dagangan di toko.

"Kami juga secara berkala memberi pelatihan manajemen ritel modern terhadap para pedagang kelontong di sekitar toko yang tergabung dalam member Kartu Ponta. Khusus member dari kalangan pedagang ini, mereka mendapatkan harga khusus ketika berbelanja di Alfamart. Kalau mau beli, tinggal order dan bisa langsung kirim tanpa dikenakan biaya tambahan," ujarnya.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017