Dinas Perhubungan Kota Tangerang Banten mengajak penumpang  Bus Rapid Transit (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) untuk menggunakan metode pembayaran non-tunai untuk mengurai kepadatan ketika proses naik-turun bus.

"Jika menggunakan metode pembayaran baru berbasis non-tunai ini dinilai dapat memudahkan akses pelayanan terutama saat penumpang turun dan naik," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaely di Tangerang Rabu.

Kadis Achmad Suhaely menjelaskan saat ini BRT Tayo sudah dapat melayani penggunaan metode pembayaran baru berbasis Tap On Bus (TOB) melalui semua kartu elektronik seperti Flazz, Brizzi, TapCash, e-Money dan BJB Banten. Adapun tarif yang dikenakan untuk menggunakan transportasi ini yakni Rp2.000

Selain itu, penggunaan pembayaran non-tunai pun dalam upaya mendukung transformasi pelayanan transportasi umum yang dilakukan PT. Tangerang Nusantara Global (TNG).

Baca juga: Dishub Kota Tangerang ajak pelajar gunakan transportasi umum

“Dishub Kota Tangerang akan terus berupaya memberikan kontribusi terbaik dalam proses transformasi pelayanan transportasi umum di Kota Tangerang," katanya.

Kedepannya sosialisasi ini akan semakin di masifkan terkait metode pembayaran baru ini agar berjalan lebih optimal. Karena penggunaan metode pembayaran baru berbasis non-tunai ini dinilai dapat memudahkan akses pelayanan.

“Berdasarkan penilaian yang kami lakukan, metode pembayaran baru berbasis non-tunai ini harus diterapkan secara lebih optimal lagi. Oleh karenanya, Dishub Kota Tangerang hari ini melakukan giat pemberian himbauan kepada penumpang BRT Tayo agar pelayanan transportasi umum di Kota Tangerang dapat berjalan lebih efektif dan efisien lagi,” ujarnya.

Selain itu, Dishub Kota Tangerang juga mendorong para penumpang BRT Tayo agar menginstal dan menggunakan aplikasi Trans Tangerang untuk mendapatkan pelayanan secara lebih lengkap lagi. 

"Karena dengan aplikasi ini dapat memantau keberadaan Bus Tayo melalui gawai dan rute yang akan ditempuh. Sehingga masyarakat bisa mengatur waktu," ujarnya.

Baca juga: Naik bus Tayo bisa bayar pakai uang elektronik
Baca juga: PT.TNG gandeng empat bank transaksi non tunai naik BRT

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023