Tren belanja yang kini beralih dari offline ke online, telah membuka peluang baru bagi para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan pasar mereka. 

Salah satu platform yang paling efektif adalah media sosial, karena memungkinkan pelaku usaha untuk menjangkau segmen pasar yang sebelumnya terbatas oleh faktor geografis.

Contoh pelaku usaha yang sukses adalah Andre Oktavianus. Andre merupakan pengusaha di bidang konveksi pakaian anak dari Kiminori Kids yang sukses sejak memulai usahanya pada 2007 silam.

"Saya memulai perjalanan bisnis dengan menjadi seorang sales bahan busana sebelum akhirnya memutuskan untuk merintis usaha di bidang konveksi pakaian anak. Pada tahun 2017, saya memutuskan untuk memanfaatkan peluang di dunia digital dan pada bulan September 2022, saya memulai penjualan di TikTok," ujar Andre dalam keterangan yang diterima media.

Baca juga: Pemerintah: berikan masukan mengenai Tiktok Shop

Keberhasilan Andre meraih pasar dalam bisnis pakaian anak, didasari oleh ketepatan strategisnya. 

Andre menyadari bahwa penjual pakaian anak masih terbilang sedikit, dan ia bertekad untuk menjadi salah satu pelopor dalam kategori ini di Indonesia. 

"Saya dan kakak mengelola bisnis ini dengan memproduksi berbagai jenis pakaian anak di pabrik kami di Tegal, Jawa Tengah," lanjutnya 

Lebih lanjut Andre menambahkan, saat ini Kiminori Kids sudah memasarkan produknya hingga seluruh negeri.

Andre juga mengungkapkan, kesuksesan Kiminori Kids salah satunya adalah fokus pada desain dan bahan berkualitas. 

"Kami memproduksi setelan pakaian anak yang nyaman dipakai sehari-hari, baik untuk jalan-jalan maupun tidur, dan bahan yang kami gunakan sesuai dengan standar SNI yang berlaku," ungkapnya.

Setelah bergabung dengan TikTok Shop, Andre merasakan peningkatan penjualan yang signifikan. Keuntungan utamanya adalah adanya interaksi langsung dengan pelanggan melalui fitur interaktif di platform tersebut. 

"Dengan berfokus pada kualitas produk, pelayanan pelanggan, dan memanfaatkan platform media sosial dengan efektif, saya membuktikan sendiri bahwa bisnis pakaian anak dapat sukses dalam era digital ini. Sukses ini juga membawa manfaat bagi ibu-ibu rumah tangga yang dapat mencari penghasilan tambahan melalui menjadi affiliator atau reseller produk Kiminori Kids," tutup Andre.

Baca juga: TikTok kenalkan cara sebut konten yang dihasilkan AI

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023