Cikarang (Antara News) - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan, Elly Adriani Sinaga meninjau kesiapan pelayanan bus JR Connexion yang ada di Lippo Cikarang sebelum peluncuran di seluruh kawasan perumahan di Jabodetabek yang dijadwalkan pada Selasa (14/2).

"Sebenarnya beberapa kawasan perumahan skala kota sudah memiliki bus menuju feeder Trans Jakarta maupun pusat-pusat kegiatan di Jakarta, hanya saja layanan selama ini belum standar. Melalui JR Connexion layanan tersebut kami buat standar," kata Elly di Cikarang, Jumat.

Elly mengatakan, sesuai surat keputusan BPTJ No. 55 tahun 2017 mengacu Peraturan Menteri Perhubungan No. 32 tahun 2016 angkutan permukiman harus memenuhi standar kualitas pelayanan meliputi keandalan, muatan penumpang, keselamatan, keamanan, ketersediaan, terjadwal, dan tarif terjangkau.

Pada kesempatan tersebut, Chief Project Officer Orange County Lippo Cikarang, Huang Chung Hsiun mengatakan, kehadiran bus menuju Jakarta merupakan keharusan mengingat saat ini kawasan Lippo Cikarang telah dihuni sebanyak 47.000 kepala keluarga serta sebanyak 400.000 merupakan komuter.

"Di dalam kawasan kami terdapat 4.097 pabrik termasuk 3.000 perusahaan multinasional serta penduduk Bekasi sekitar 2,4 juta dengan pertumbuhan 2,4 persen," kata Huang.

Huang menyambut baik langkah yang diambil BPTJ dengan meluncurkan JR (Jabodetabek Residential Connexion) mengingat kebutuhan transportasi yang nyaman memang sangat didambakan warga di seluruh kawasan Cikarang di luar yang dikembangkan Lippo Cikarang.

Lebih jauh Kepala Divisi Support Service PT Lippo Cikarang Tbk, Eddy Triyanto, Lippo Cikarang berencana mengembangkan transportasi permukiman Automated People Mover (APM) untuk menghubungkan ke stasiun Cikarang, Lippo Cikarang, dan kawasan industri lainnya termasuk juga dengan Pemkab Bekasi serta LRT yang tengah tahap pembangunan.

Eddy lebih jauh mengungkapkan kewajiban pengembang dalam hal ini adalah membangun selter yang sengaja kami buat nyaman, sedangkan untuk layanan bus dikerjasamakan dengan operator PT Alfaomega (AO), layanan ini sudah kami sediakan sejak awal Lippo Cikarang berdiri.

Sedangkan untuk mengakses selter dari kawasan permukiman, warga dapat menggunakan angkutan kota (angkot) atau menggunakan sepeda untuk itu telah dipersiapkan jalur khusus sepeda sehingga penghuni akan lebih mudah untuk menjangkaunya, papar Eddy.

Eddy menjelaskan untuk memudahkan warga menggunakan transportasi umum pihaknya juga tengah mempersiapkan kartu pintar multifungsi yang selain berfungsi sebagai akses keluar dan masuk klaster permukiman juga dapat dipergunakan untuk transaksi angkutan publik baik dilingkungan maupun di Jabodetabek.

Direktur Alfaomega Sehati Mitra Ketzia Laurentina mengatakan, armada yang dipersiapkan untuk melayani warga di Lippo Cikarang dan sekitar berjumlah enam unit bus melayani sampai Blok M serta beroperasi setiap jam melayani dari pukul 5.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Elly menambahkan, BPTJ memiliki target agar warga beralih dari angkutan pribadi ke angkutan umum sebanyak 40 persen untuk itu harus tersedia angkutan umum yang nyaman serta jadwal yang dapat dipastikan.

BPTJ, kata Elly telah melakukan survei terhadap kawasan permukiman dengan responden rata-rata lima persen dari jumlah kepala keluarga di setiap permukiman di wilayah Jabodetabek. Hasil survei menunjukkan preferensi warga yang mau pindah ke angkutan permukiman premium rata-rata 78 persen, berarti responnya positif.

Survei lainnya 25,85 persen tujuan perjalannnya sebagian besar menuju wilayah Sudirman, sisahnya mengarah ke Kelapa Gading, Thamrin, Kuningan, Mangga Dua, Menteng, Senen, Simatupang, Tebet, Merdeka Barat, Kota Kasablanka, Harmoni, dan Rawamangun.

Elly mengatakan, pihaknya menyiapkan standar layanan untuk JR Connexion adalah dilengkapi fasilitas internet, kamera pengawas (CCTV), selter/ tempat tunggu bus yang nyaman dan aman, serta seluruh penumpang mendapat tempat duduk yang nyaman tidak ada yang berdiri.

Elly juga menjelaskan saat ini sudah ada enam perusahaan PO yang berkerja sama untuk penyediaan JR Connexion sebanyak 113 armada bus termasuk yang disiapkan Alfaomega di Lippo Cikarang.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017