HUB.ID yang dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bermitra dengan MDI Ventures dalam upaya mengembangkan perusahaan startup (rintisan) di Indonesia agar mampu bersaing di tengah era ekonomi digital saat ini.

Terkait hal itu kedua perusahaan menyelenggarakan kegiatan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest yang diadakan di Bali, 13-14 September 2023.

Kedua perusahaan menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi dengan startup dan mitra bisnis dari berbagai sektor baik itu  BUMN, korporasi swasta, Pemerintah Pusat dan Daerah, serta organisasi riset (universitas).

Baca juga: HUB.ID Accelerator 2023 gelar temu bisnis dorong startup tumbuh

Kegiatan HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest kali ini mengusung tema "Fostering Synergy Networks for Stronger Digital Economic Growth" (Membina Sinergi Jejaring Untuk Menumbuhkan Ekonomi Digital Yang Lebih Kuat).

Festival ekonomi digital ini menghadirkan Wamen Kominfo Nezar Patria, Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo I Nyoman Adhiarna, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, jajaran direksi BUMN, Telkom Group, dan sejumlah korporasi swasta.

Nezar Patria dalam siaran pers, Kamis, mengatakan belajar dari fenomena tech winter menekankan pentingnya membangun produk yang tepat dengan model bisnis yang berbasis keuntungan dan skala. Startup perlu memiliki jejaring yang kuat dengan mitra strategis bagi pertumbuhan startup seperti yang dilaksanakan pada HUB.ID Partner Day x Nex-Be Fest 2023.

Selama dua hari berjalan, acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 diisi dengan pameran startup yang menghadirkan booth untuk 25 startup binaan HUB.ID Accelerator bisa memperkenalkan brand dan produknya, kegiatan diskusi panel oleh panelis profesional dengan tema Accelerate Digital Ecosystem Building Through Startup x Enterprise Collaboration yang dipandu oleh moderator Mia Melinda (CEO TMI) dan Moving Beyond Digital Experimentation to AI Initiatives at Scale yang dipandu oleh Bapak Sandhy Widyasthana (CEO MDI PTE LTD). 

Setelah diskusi panel berakhir, dilanjutkan dengan kegiatan utama dalam gelaran acara HUB.ID x Nex-BE Fest 2023 yaitu kesepakatan bisnis (business matchmaking) yang mempertemukan 80 startup binaan HUB.ID Accelerator dan Telkom Group dengan 80 mitra bisnis selama 2 hari berlangsung dengan 6 sesi meeting setiap harinya.

Kegiatan ini adalah salah satu solusi dari Kemkominfo yang membantu pertumbuhan bisnis startup digital sebagaimana Dirjen Aplikasi Informatika, Bapak Semuel dalam acara konferense pers menyampaikan, “Pemerintah, dalam hal ini secara khusus Kominfo telah bergerak secara dinamis tidak lagi hanya sebagai regulator, tetapi juga fasilitator dan akselerator. 

Pertumbuhan startup digital di Indonesia telah dimulai dengan membentuk gerakan untuk mengangkat ide-ide inovatif, lalu bibit-bibit pendiri (founders), sampai kemudian ada pengembangan SDM yang berstandar kompetensi global. 

Semua kebijakan dan program di sisi hilir tersebut, harus didukung dengan adanya dukungan di sisi hulu. Yang dibutuhkan startup digital setelah mendapatkan talent, dan tentunya adalah bisnis berkelanjutan.

Terjadinya sinergi dan kolaborasi antara startup dan berbagai korporasi selama dua hari dalam acara HUB.ID Partner Day x Nex-BE Fest 2023 diharapkan dapat menciptakan solusi-solusi baru yang positif baik mutual maupun beneficial bukan cuma untuk startup tapi juga untuk seluruh Business Partner yang terlibat.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023