Serang (Antara News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Banten hingga Desember 2016 telah melindungi sekitar 1,2 juta tenaga kerja (TK) melalui program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua dan jaminan kematian.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Banten Teguh Purwanto di Serang, Kamis, menyebutkan tenaga kerja yang dilindungi sebanyak itu, dari 13.922 perusahaan aktif yang bekerja pada sektor formal sebanyak 967 tenaga kerja (TK), sektor informal 59 ribu TK dan sektor Jasa Konstruksi sebanyak 150 ribu TK.

Hal senada juga sudah disampaikan Teguh Purwanto pada pelantikan empat kepala kantor cabang dan dua pejabat struktural di lingkup Kanwil Ketenagakerjaan Banten, Rabu (18/1).

Ia mengatakan dari jumlah tenaga kerja yang dilindungi sebanyak itu sampai Desember 2016 sudah dibayarkan klaim jaminan yang diajukan peserta, Jaminan Hari Tua sebesar Rp1,2 triliun dengan 149.732 pengajuan klaim, Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar Rp69 miliar dengan 10.279 pengajuan klaim, Jaminan Kematian sebesar Rp31 miliar dengan 1.137 pengajuan klaim dan Jaminan Pensiun sebesar Rp680 Juta dengan 753 pengajuan klaim.

"Total klaim yang telah dibayarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan Banten selama tahun 2016 sebesar Rp1,34 triliun dengan 161.901 pengajuan klaim," kata Purwanto.

Tindaklanjut dari Surat Keputusan Direksi BPJS Ketenagakerjaan Nomor : KEP/02/012017 tanggal 3 Januari 2017, maka Empat Kantor Cabang akan memiliki Kepala Cabang yang baru antara lain Kantor Cabang Tangerang BSD, Kantor Cabang Tangerang Cikupa, Kantor Cabang Serang dan Kantor Cabang Perintis Pasar Kemis, sementara kantor Wilayah Banten akan kedatangan dua pejabat struktural baru yakni Group Head Pemasaran Wilayah dan Group Head Teknologi Informasi Wilayah.

Pelantikan pejabat struktural di Kantor Wilayah Banten ini untuk menghadapi tahun 2017 BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten yang mencanangkan strategi memperkuat kapasitas organisasi dan kemitraan strategis untuk optimalisasi cakupan kepesertaan, kata Purwanto yang dihadiri juga oleh Direktur Pelayanan Evi Afiatin.

Dengan fokus untuk ekspansi kepesertaan dan kualitas kepesertaan. Untuk mencapai sasaran tersebut akan melakukan empat strategi yaitu sosialisasi masif, kolaborasi, optimalkan kanal kepesertaan dan law enforcement, katanya. 

Ke empat Kepala kantor Cabang baru yang dilantik adalah Ibkar Saloma menjadi Kepala Kantor Cabang Tangerang BSD, Achmad Bachri sebagai Kepala Kantor Cabang Tangerang Cikupa, Muallif sebagai Kepala Kantor Cabang Serang, Dany Affandy sebagai Kepala Kantor Cabang Perintis Pasar Kemis, Didin Haryono sebagai Kepala Pemasaran Wilayah dan Erizal Feri sebagai Kepala Teknologi Informasi Wilayah Kanwil Banten.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017