Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin menyatakan penyebab kebakaran Kapal Motor Penumpang (KMP) Mutiara Berkah I di dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu hingga kini belum diketahui karena masih proses pemadaman.
 
"Kalau kita lihat dari lokasinya ada di dekat buritan kapal kemudian di dek kendaraan tapi kita belum dapat memastikan, sementara fokus ke pemadaman terlebih dahulu," kata Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin di Cilegon Banten.
 
Ia juga menyebutkan bahwa sebanyak 159 penumpang beserta kru kapal berhasil dievakuasi dan lima orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak nafas.

Baca juga: Kapal Mutiara Berkah I yang terbakar di Merak angkut 135 truk
 
"Kapal ini pelabuhan Indah Kiat, Merak menuju pelabuhan Pajang Lampung, sementara tidak ada korban jiwa total 159 penumpang dan kru kapal sudah dievakuasi dan lima orang di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas," katanya.
 
Ia juga mengatakan, untuk proses evakuasi dan pemadaman api dilakukan bersama dengan tim gabungan mulai dari Polres Cilegon, Kodim Cilegon, dan Basarnas Banten.
 
"Kita berkolaborasi secara bersama-sama untuk bisa kita kendalikan situasinya. Kondisinya saat ini masih terus dilakukan pemadaman mudah-mudahan sesegera mungkin bisa ditangani dan api bisa padam," katanya.

Baca juga: Proses evakuasi penumpang kapal terbakar di Cilegon gunakan "crane"

Pewarta: Desi Purnama Sari

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023