Serang (Antara News) - Ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat Banten mengikuti apel nusantara bersatu yang dipusatkan di Alun-alun Barat Kota Serang, di Serang, Rabu.

Peserta apel nusantara bersatu di Kota Serang tersebut terdiri dari berbagai perwakilan elemen masyarakat, ASN, pemuda, mahasiswa dan pelajar yang bergabung dengan perwakilan anggota TNI dan Polri. Bahkan dalam kesempatan tersebut terdapat pula perwakilan masyarakat adat baduy dari Kabupaten Lebak.

Di antara poin deklarasi yang disampaikan oleh peserta apel tersebut yaitu untuk sama sama menjaga keharmonisan antar umat beragama, dengan cara saling menghormati dan menolak segala bentuk penistaan terhadap agama manapun.

"Kami warga Banten senantiasa siap membina sikap saling menghormati demi terwujudnya kondusifitas di wilayah Banten," kata Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah saat memimpin pengucapan deklarasi tersebut yang diikuti ribuan peserta lainnya.

Sementara Plt Gubernur Banten, Nata Irawan dalam sambutannya menegaskan bahwa sikap saling menghargai dan menghormati harus dijunjung tinggi, karena setiap warga negara mempunyai hak yang sama sebagai warga negara Republik Indonesia.

"Sikap saling menghormati sudah selayaknya harus dijunjung tinggi, dan setiap warga negara harus mendapat perlindungan dan hak yang sama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI tetap terjaga," kata Nata Irawan.

Menurutnya, dengan adanya deklarasi yang juga serentak dilakukan seluruh Indonesia ini, diharapkan masyarakat dapat lebih sabar dalam mengawal berbagai kebijakan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan dengan mengedepankan kemaslahatan bangsa.

Nata Irawan mengajak masyarakat Banten agar tetap harmonis dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Meskipun bangsa ini terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan budaya yang berbeda, akan tetapi bangsa ini harus tetap memiliki satu tujuan keutuhan NKRI," katanya

Sementara Danrem 064 Maulana Yusuf  Serang Kol Inf Wirana Prasetya Budi yang juga sebagai pihak penyelenggara kegiatan tersebut mengatakan, terdapat lima komitmen bersama yang telah ditandatangani dalam deklarasi dan apel nasional nusantara bersatu. Salah satu komitmen yang dibacakan yakni bagaimana semua lapisan masyarakat di Banten mampu mendukung setiap pelaksanaan pemerintah. Sehingga kehidupan selaras antara masyarakat dengan pemerintahan berjalan dengan lancar dan aman.

"Semua elemen bangsa harus bersama-sama menghindari pertikaian dan mari kita merawat keutuhan NKRI ini," kata Danrem.

Ia juga mengatakan, dari lima poin komitmen bersama yang sudah ditandatangani tersebut, nantinya akan diberikan kepada seluruh perwakilan elemen masyarakat yang ada di Banten.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan apel nusantara bersatu ini. Apalagi pada akhir-akhir ini isu kebhinekaan bangsa ini sedang diuji.     

"Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menggugah sikap kebangsaan dari setiap elemen masyarakat. Karena jalannya pemerintahan yang baik, tentu perlu dukungan dari masyarakat yang berperilaku baik pula," kata Kapolda.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016