Serang (Antara News) - Dinas Kebudayan dan Pariwisata Banten menggelar Banten Beach Festival atau Festival Pantai Banten di Pantai Wirton, Cinangka, Kabupaten Serang, dalam upaya mempromosikan pariwisata Pantai Banten.

Kepala Disbudpar Banten Opar Sohari di Serang, Minggu, mengatakan Banten Beach Festival (BBF) yang diselenggarakan selama tiga hari Jumat (25/11) sampai dengan Minggu (27/11) menargetkan sebanyak 40 ribu pengunjung.

Banten Beach Festival yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten ini merupakan salah satu event pariwisata unggulan di Banten.

 "Kegiatan ini merupakan salah satu event unggulan pariwisata Provinsi Banten yang telah menjadi agenda tahunan dan merupakan salah satu calendar of event kebudayaan dan pariwisata Banten 2016. Tahun ini merupakan pelaksanaan event banten beach festival yang ke 8. Tema yang diangkat tahun ini bertajuk 'Spirit Babacakan', kata Opar.

Opar mengatakan Banten Beach Festival 2016 merupakan puncak rangkaian Exciting Banten In November. Event BBF 2016 diharapkan dapat menghidupkan sektor ekonomi masyarakat sekitar dan dapat meningkatkan promosi budaya dan pariwisata Provinsi Banten di tingkat nasional dan mancanegara, serta mendukung program nasional 20 juta wisatawan pada  2019.

Menurut Opar, tema besar yaitu "Spirit Babacakan" tujuannya ingin memperkenalkan semangat kebersamaan dalam Pariwisata dan Budaya Banten.

Spirit babacakan, kata Opar, mencerminkan budaya asli masyarakat Banten yang selalu senantiasa bergotong-royong serta bersama dalam membangun kearifan lokal.

"Kami mengajak seluruh stakeholder, pegiat wisata Banten, elemen masyarakat, termasuk media, agar  pesan ini bisa terdistribusi jadi satu gagasan yang memotivasi masyarakat untuk selalu menanamkan semangat kebersamaan khususnya dalam membangun pariwisata Banten," katanya.

Opar menilai, hal itu juga sejalan dengan  Kementerian Pariwisata melalui Pentahelix atau Akademisi, Bisnis, Community,Government, Media (ABCGM).

"Pariwisata harus dibangun secara bersama dengan para pihak terkait, dengan spirit babacakan sebagai nyawanya. Sebab, salah satu tujuan BBF 2016 adalah memperkenalkan khazanah budaya dan pariwisata Banten serta mempromosikan objek wisata budaya dan pariwisata Banten," kata Opar.

Kepala Seksi Promosi Disbudpar Banten Dewi Utari menambahkan, Banten Beach Festival 2016 menghadirkan berbagai kegiatan seperti  lomba fotografi, Babacakan Competition, lomba watersport, penampilan debus, pameran produk unggulan dan hiburang lainnya menghadirkan sejumlah artis nasional.

Selain itu juga, berbagai produk-produk Khas Banten baik kerajinan tangan maupun makanan khas di sajikan dalam kegiatan tersebut yang merupakan kerjasama antara Disbudpar Banten dengan Asipa Banten.

"Untuk lomba kuliner khas kabupaten/kota dimenangkan Kabupaten Pandeglang sebagai juara pertama, juara dua Kota Serang dan Kota Tangerang juara tiga," katanya.

Menurutnya, tujuan digelarnya kegiatan Banten Beach Festival adalah memperkenalkan khasanah budaya Provinsi Banten, mempromosikan pariwisata Banten, dan meningkatkan daya tarik wisatawan ke Banten, baik wisatawan lokal maupun manacenagara.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016