Serang (Antara News) - Kepolisian Daerah Banten segera membentuk kesatuan baru di lingkungan Polda Banten yakni Kepolisian Resor Kota Serang untuk memperkuat pengamanan di wilayah kota itu.

Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo di Serang, Rabu, mengatakan Polres Serang Kota ditargetkan mulai beroperasi pada Desember.

"Pembentukan Polres Serang Kota ini sesuai dengan kebutuhan di Polda Banten, karena Kota Serang dan Kabupaten Serang sudah terpisah wilayahnya," kata Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo usai audiensi dengan Plt Gubernur Banten Nata Irawan di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Sigit menjelaskan pembentukan Polres Serang Kota tersebut sesuai dengan kebutuhan Polri.    

Menurutnya,  Polri biasanya membentuk satuan kepolisian yang menyesuaikan struktur administratif baik di kabupaten maupun di Kota.

Sigit mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan mulai dari inprastruktur,  personel,  dan keperluan operasional lain Polres Kota Serang.

"Sejauh ini sudah kita susun struktur organisasi dari Polres Serang Kota, mulai dari pejabat sementara Kapolres sampai struktur dibawahnya," kata Sigit didampingi Kabid Humas Polda Banten,  AKBP Zaenudin.

Menurut Sigit, struktur yang telah dibentuk masih merupakan kerangka awal. Sedangkan terkait personel, untuk mengisi kekurangan, penambahan akan dilakukan dari lulusan yang selesai menjalani pendidikan.  Selain itu,  Polda pun akan menggeser sejumlah personel dari Polres dan Polda Banten.

"Untuk tempat sementara masih dalam tahap koordinasi. Ada beberapa pilihan, salah satunya gedung juang dan kantor pengadilan," kata Sigit.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016