Serang (Antara News) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten, akan menggelar kegiatan Kemah pramuka Saka Wisata di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, 17 sampai 19 November 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banten Opar Sohari di Serang, Selasa, mengatakan kegiatan bertema "Melalui Kemah Saka Pariwisata, Kita Wujudkan Kepramukaan Sebagai Sarana untuk Membangun Insan Patriotisme" ini, akan diikuti sekitar 800 anggota pramuka dari tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Banten.

"Gerakan Pramuka menjadi salah satu pilihan utama dalam membantu pengembangan pariwisata di Provinsi Banten. Generasi muda yang ikut dalam kegiatan ini diharapkan bisa menjadi agen dalam menyampaikan potensi pariwisata yang ada di Banten," kata Opar.

Ia mengatakan, kemah Saka Wisata diselenggarakan sesuai dengan keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 078 tahun 2014, tentang petunjuk penyelenggaraan satuan karya pramuka pariwisata. Dalam pelaksanaannya, peserta yang ikut dalam Kemah Saka Wisata nantinya akan dibekali pemahaman tentang pengetahuan dan keterampilan praktis dan khusus di bidang kepariwisataan.

Kepala Seksi Destinasi Wisata Disbudpar Banten Ahmad Budiman mengatakan, peserta yang ikut dalam kegiatan Kemah Saka Wisata ini berasal dari anggota Pramuka Kwarda Banten dari tingkatan SMP dan SMA se-Banten.

Ia meyakini, anggota pramuka yang merupakan generasi penerus bangsa, sangat berpotensi untuk membantu pemerintah dalam pengembangan sektor kepariwisataan di Provinsi Banten.    

Menurut Budi, materi yang nantinya akan dibekali kepada para peserta diantaranya dilaksanakannya kerja sama dengan Taman Nasional Ujung Kulon, dalam rangka membuka akses kegiatan pariwisata.

Kemudian, para peserta juga akan diajak secara langsung melakukan penataan di kawasan wisata Curug Rahong, penataan Desa wisata Cimanggu, pelatihan tentang pemanduan pariwisata dan aksi gelar sadar wisata.

"Para peserta juga akan dikembangkan minat dan bakat serta keterampilan yang dimiliki dalam pengembangan kuliner khas Banten. Kami yakin kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta dan kemajuan kepariwisataan di Provinsi Banten," kata Budi. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016