Tangerang (Antara News) - Sebanyak 380 peserta dinyatakan lulus dalam pelatihan keterampilan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang, Banten.

Kepala Unit Pelayanan Teknis BLK Kota Tangerang Deden Suliana di Tangerang, Jumat, menyatakan peserta yang lulus telah melakukan pelatihan selama tiga bulan.

"Para peserta berusia 18-35 tahun, melakukan pelatihan seperti perbaikan mobil dan motor, perbaikan AC, mengelas, menjahit hingga  satpam," katanya.

Dari seluruh peserta yang sudah lulus, sebagian besar melakukan pelatihan menjahit sebab beralasan bisa berwirausaha di rumah.

"Jadi, peserta yang sudah memiliki keterampilan, bisa membuka usaha di rumah untuk kemudian dibina melalui UKM yang dilakukan oleh Indakop," ujarnya.

Diakuinya, setiap wilayah masyarakat yang mengikuti pelatihan memiliki kebutuhan pekerjaan yang berbeda karena disesuaikan dengan wilayah.

Misalnya saja daerah yang ada hotel dan apartemen serta ruko - ruko, membutuhkan tenaga berupa satpam sehingga warga ikut dalam pelatihan satpam.

Selain itu, para peserta pun diberikan pengetahuan mengenai berwirausaha tahap dasar sehingga bisa melanjutkan dari keterampilan yang dimilikinya.

"Jika peserta terkendala cara membuka usaha, kita juga berikan caranya untuk memulainya sehingga tidak mengendurkan motivasi dalam berusaha," paparnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Rakhmansyah mengatakan, BLK adalah upaya pemkot dalam mengatasi pengangguran.

Maka itu, Walikota telah membuat BLK di setiap kecamatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat dan memiliki keterampilan. "Pembangunan BLK di setiap kecamatan masih berjalan dan ditarget semua wilayah memilikinya," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016