Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang memindahkan wisata kano dari Sungai Sipon Cisadane ke Kampung Wisata Danau Kalpataru dampak musim kemarau ekstrem yang menyebabkan tempat lama kering.

“Mulai saat ini, wisata kano di Kota Tangerang dapat diakses di lokasi barunya, yakni di Kampung Wisata Danau Kalpataru yang berada di tengah ruang terbuka hijau kompleks Banjar Wijaya," kata Kepala Disbudpar Kota Tangerang Rizal Ridolloh di Tangerang Rabu.

Dia menjelaskan pemilihan Kampung Wisata Danau Kalpataru sebagai lokasi alternatif dilakukan dengan mempertimbangkan keberadaan sistem, infrastruktur, dan sumber daya pariwisata yang telah terbangun di tempat itu.

Saat ini aliran di Sungai Sipon Cisadane mengering karena musim kemarau berkepanjangan sehingga Disbudpar melakukan upaya agar objek wisata ini tetap beroperasi.

Baca juga: Pramuwisata Kota Tangerang dilatih promosikan potensi pariwisata

Ia mengatakan wisata kano di Kampung Danau Kalpataru dibuka untuk umum setiap akhir pekan secara gratis.

Selama beroperasi pukul 07.00-11.00 WIB, wisata air di Kampung Danau Kalpataru menyajikan wahana perahu kano, perahu bebek, serta tempat yang asri dan hijau, dan cocok dinikmati untuk menghabiskan akhir pekan dengan nuansa alami di tengah Kota Tangerang.

“Pengalihan ini juga diharapkan mampu membangkitkan wisata air di Kota Tangerang untuk berkembang lebih optimal. Mengingat, di sana ada Kampung Wisata Danau Kalpataru, pengembangan sistem dan infrastruktur pariwisata telah berjalan, sehingga ini akan menjadi kolaborasi yang efektif untuk kemajuan pariwisata, khususnya wisata air di Kota Tangerang,” ujarnya.

Disbudpar Kota Tangerang berharap, pengalihan lokasi wisata kano dari Sungai Sipon Cisadane ke Kampung Wisata Danau Kalpataru dapat meningkatkan jumlah wisatawan di daerah itu.

"Lebih jauh, diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan pendapatan dari ekonomi pariwisata yang ada di Kota Tangerang," ujarnya.

Baca juga: Jumlah wisatawan di Kota Tangerang semester I capai 7,57 juta jiwa

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023