Pelatih timnas basket Latvia Luca Banchi mengatakan kerja keras tim asuhnya menjadi kunci mampu memenangkan laga melawan Prancis dengan skor 88-86 pada Grup H FIBA Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Pada laga itu, Latvia terus tertinggal sampai kuarter ketiga dengan skor 33-26, 53-49, dan 74-62. Namun, pada kuarter keempat, pada lima menit terakhir dimulai dari skor 74-77, negara kawasan Eropa Utara itu terus menguntit Prancis dengan ketat hingga kemudian membalikkan keadaan menjadi 88-86.

Sebagai pelatih, Luca Banchi menyebut kunci kemenangan timnya bukanlah keajaiban yang datang tiba-tiba, melainkan adalah kerja keras yang telah dibangun sejak ia menukangi Latvia pada 2021.

“Kami sebenarnya tidak melakukan apa pun. Itu adalah tim yang telah bekerja keras bersama sejak dua tahun. Mereka tahu apa yang harus dilakukan,” kata Luca Banchi melalui jumpa pers setelah pertandingan.

Baca juga: Latvia singkirkan tim kuat Prancis dari Piala Dunia FIBA

Kemenangan ini, kata Luca Banchi, adalah sebuah awal yang baik untuk membangun identitas pebasket-pebasket Latvia yang sebelumnya menurutnya dikenal dengan beberapa stereotip buruk.

Dalam kesempatan yang sama, pelatih berusia 58 tahun itu membeberkan hal yang spesial dalam timnya adalah adanya hubungan personal yang sangat kuat antar individu.

Salah satunya terlihat bagaimana bintang andalan mereka Kristaps Porzingis yang masih ikut bersama tim untuk terbang ke Indonesia guna mendukung secara langsung walau tidak bermain karena menderita cedera.

“Anda melihat bagaimana respons Kristaps Porzingis setelah cedera. Dia sangat ingin berada di sini. Dia sangat ingin menjadi bagian. Dia berpartisipasi aktif dalam pekerjaan kita sehari-hari,” beber Luca Banchi.

Latvia akan menghadapi Kanada di partai pamungkas Grup H untuk menentukan pemuncak klasemen grup. Berkomentar soal laga itu, Luca Banchi sadar tim lawan bermaterikan nama-nama bintang mulai dari Dillon Brooks, Kelly Olynyk, hingga Shai Gilgeous-Alexander.

Baca juga: Latvia singkirkan tim kuat Prancis dari Piala Dunia FIBA
Baca juga: Spanyol terlalu perkasa bagi Pantai Gading di Piala Dunia FIBA

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023