Pejabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengapresiasi kedaulatan pangan masyarakat Kasepuhan Cisungsang di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak setelah panen padi gabah dimasukkan ke dalam lumbung pangan atau "leuit".
 
"Padi gabah yang dimasukkan hasil panen ke leuit itu cukup untuk ketersediaan pangan selama 20 tahun ke depan," kata Al Muktabar saat menghadiri Perayaan Seren Taun Kasepuhan Cisungsang Kabupaten Lebak, Minggu.
 
Perayaan seren taun yang digelar oleh masyarakat Kasepuhan Cisungsang itu, tentu cukup membantu program pemerintah untuk kedaulatan pangan sehingga dimana hingga kini persediaan pangan melimpah dan belum pernah terjadi kerawanan pangan.
 
"Kita berharap masyarakat Kesepuhan Cisungsang terus mempertahankan kedaulatan pangan itu," katanya menambahkan.

Baca juga: Kampung moderasi beragama ciptakan kebersamaan masyarakat
 
Menurut gubernur, dalam perayaan seren taun yang dilaksanakan beberapa hari terakhir ini juga memberikan multi efek besar terhadap pendapatan omzet pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Perguliran uang disebut sampai ratusan juta rupiah.
 
Selain itu, lanjut dia,  seren taun ini juga dapat terjalin lintas komunikasi antarbudaya masyarakat dengan baik, sehingga bisa menstabilkan kondisi daerah.
 
"Dengan pertemuan tali kasih melalui seren taun, tentu dibangun secara kebersamaan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat kasepuhan," katanya menjelaskan.
 
Sementara itu, tokoh masyarakat Kasepuhan Cisungsang Abah Usep mengatakan pihaknya minta pemerintah Banten merealisasikan pembangunan jalan Pasir Cikuray sampai Cisitu.
 
Selain itu juga pembangunan sarana irigasi karena sudah dua tahun mengalami kerusakan sehingga tidak bisa mengaliri pasokan air dengan optimal.
 
"Kami berharap Pj Gubernur bisa merealisasikan pembangunan jalan dan irigasi," kata Abah Usep.

Baca juga: Peneliti: Anies Baswedan memungkinkan dampingi Ganjar Pranowo

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023