Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno memberikan penghargaan dan uang 'kadeudeuh' sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bagi atlet Banten yang berprestasi dengan raihan medali di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat 2016.

Pemberian penghargaan dan uang kadeudeuh tersebut dilakukan di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Selasa, dihadiri Kapolda Banten Kombes Pol Listyo Sigit Prabowo, Danrem 064/ MY Serang Kolonel Inf Wirana Prasetyo dan Ketua KONI Banten Brigjen (Purn) Rumiah Kartoredjo.

Pada ajang PON XIX di Jawa Barat, Kontingen Banten berada diperingkat 13 dengan raihan 47 medali antara lain berhasil meraih 11 medali emas, 10 perak, dan 26 perunggu.

Gubernur Banten Rano Karno memberikan penghargaan dan uang kadedeuh kepada perwakilan atlet yang mendapatkan medali emas. Adapun uang kadedeuh yang diberikan yakni peraih emas masing-masing mendapatkan Rp200 juta, peraih medali perak mendapatkan Rp100 juta dan 26 peraih  perunggu mendapatkan Rp50 juta.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Banten menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh atlet, pelatih dan  official yang telah memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat Banten dalam event olah raga terbesar di Indonesia tersebut.

"Saya hadir saat acara pembukaan dan saat final Drumband di Bogor. Saya sangat bangga karena Banten bisa mendapatkan hasil yang baik. Meski saat PON ada hal hal yang memang tidak diinginkan tapi itu adalah bagian dari pembelajaran," kata Rano Karno.

Gubernur mengakui jika hasil yang baik tersebut diperoleh atas kerja keras dan latihan yang baik meski dengan sarana dan prasarana yang terbatas.

"Ini adalah prestasi yang baik dan dari latihan yang baik. Jadi manfaatkanlah penghargaan ini dengan baik, terus berjuang dan berlatih jangan menyerah terus maju," katanya.

Ia mengatakan meskipun ditargetkan untuk meraih pretasi yang baik, namun diakui Banten belum memiliki sarana dan prasarana olahraga yang memadai.

"Kalau tahun depan kita bisa bangun pusat olahraga, saya yakin Banten bisa juara," kata Rano Karno.

Ketua KONI Banten Brigjen (Purn) Rumiah Kartoredjo mengatakan meskipun Banten tidak masuk ke 10 besar pada PON Jawa Barat. Namun demikian raihan Banten di PON XIX di Jabar jauh lebih baik dengan peraihan 47 medali secara keseluruhan, dibandingkan dengan PON di Riau tahun 2012.

"Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan motivasi dari Pemerintah Provinsi Banten baik bantuan moril maupun materil, serta doa dari seluruh masyarakat Banten. Kita telah berusaha semampu kita dan berhasil menduduki peringkat 13," kata Rumiah.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016