Media Nawacita Indonesia (MNI) menetapkan sembilan tokoh yang dinilai memenuhi kriteria penilaian Nawacita Awards 2023.

"Mereka kami anggap sudah berhasil mengimplementasikan sembilan program Nawacita," kata Ketua Panitia Nawacita Awards 2023 Beesokhi Ndruru dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Beesokhi penghargaan atau apresiasi atas keberhasilan yang sudah mereka lakukan berdasarkan sembilan program utama pembangunan Pak Jokowi," kata Beesokhi di Jakarta, Kamis.

Beesokhi mengatakan terdapat sembilan kategori penghargaan yang dianugerahkan pada Nawacita Awards 2023 yaitu: Pertahanan dan Keamanan, Penguatan Kebhinekaan Indonesia, Pendidikan Karakter Bangsa, Kesejahteraan Masyarakat, Kemandirian Ekonomi Nasional, Kemajuan Infrastruktur dan Industri, Pembangunan Daerah, Pejuang Demokrasi, serta Penegakan Hukum.

Beesokhi menyampaikan kegiatan Nawacita Awards 2023 didukung penuh oleh semua Dewan Pembina MNI. Salah satunya, Menteri Hukum dan (HAM) Yasonna H Laoly. 

"Secara khusus Pak Yasonna sebagai Ketua Dewan Pembina dan juga sekaligus Menkum HAM, dalam undangan beliau turut mengundang seluruh tokoh yang diundang," jelas dia.

Tahun lalu, kata Beesokhi, Nawacita Awards dilaksanakan pada 28 Oktober 2022, di kawasan Kuningan, Jakarta. Sedangkan tahun ini, pelaksanaan Nawacita Awards akan dilangsungkan pada 8 September 2023, di The Tribrata, Jakarta Selatan.

"Perbedaannya, pada Nawacita pertama 2022, jumlah penerima itu 27 orang. Diambil dari 3 orang setiap kategori," kata Beesokhi.

Menurut Beesokhi, penilaian Nawacita Awards 2023 lebih ketat bila dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya. MNI, kata Beesokhi, hanya akan memberikan 1 buah penghargaan untuk masing-masing kategori. Dengan demikian, nantinya bakal ada 9 orang penerima Nawacita Awards 2023.

"Maka yang mendapat anugerah Nawacita Awards 2023, hanya 9 orang dari 9 kategori yang ada," kata dia.

Beberapa dewan juri yang akan menilai para tokoh tersebut antara lain Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember (Unej), Jawa Timur Prof Bayu Dwi Anggono; Direktur Eksekutif Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Sarman Simanjorang; dan Agustus Gea.

Ditambahkan Beesokhi, Nawacita Awards 2023 terinspirasi dari Soekarno yang mencetuskan Trisakti. Gagasan Trisakti memiliki tiga rumusan, yakni berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, berkepribadian dalam kebudayaan.

Beesokhi optimistis gelaran Nawacita Awards 2023 akan berlangsung meriah dan hikmat. Selain itu, ia juga berharap, ajang ini bisa berlanjut hingga menjadi agenda tahunan MNI.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023