Serang (Antara News) - Pasokan kurang mengakibatkan harga sayuran di tingkat pedagang di kota Serang masih tinggi, hal ini disebabkan jatuhnya musim hujan sehingga produksi petani sayuran juga berkurang.

"Harga sayuran yang naik selama musim hujan ini meliputi jagung, cabai merah, cabai rawit, tomat, kentang, kacang, dan sawi," kata Samiah pedagang sayuran di Pasar Induk Rau, Kota Serang, Kamis.

Naiknya harga sayuran ini dikeluhkan sejumlah pembeli yang sebagian besar ibu rumah tangga.

"Harga bawang merah, tomat, kentang dan cabai merah yang biasanya Rp24 ribu per kilogram menjadi Rp32 ribu per kilogram. begitu pula dengan kentang, mencapai Rp15 ribu per kilogram padahal sebelumnya hanya Rp10 - 12 ribu per kilogram, sedangkan harga tomat yang semula harganya Rp5 ribu naik Rp11 ribu per kilogram.

Samiah mengatakan kalau musim penghujan ini biasanya stok sayuran berkurang karena banyak yang busuk. 

Beberapa sayuran memang hanya murah disaat musim kemarau, sampai dengan Desember ini diperkirakan pasokan masih terbatas, ujar Samiah.

Samiah mengatakan harga yang naik saat ini masih sayur-sayuran sedangkan untuk sembako  seperti beras, minyak, telur, dan lain-lain masih stabil.

Dia mengaku banyak juga masyarakat yang mengeluhkan tingginya harga sayuran, namun sebagai pedagang dirinya hanya dapat menjelaskan kalau harga dari daerah produksi memang masih tinggi.

Pewarta: Wida/ Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016