Pemerintah Kabupaten Subang akan mereplikasi pola kerja simpul jaringan Kota Tangerang, Jawa Barat yang dikembangkan Dinas Kominfo dalam menunjang program pembangunan.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kabupaten Subang, Eti Maryati di Tangerang Kamis mengatakan, Kota Tangerang dinilainya telah berhasil menjalankan simpul jaringan informasi geospasial.

Dari hasil paparan yang dilakukan oleh Kepala Diskominfo Kota Tangerang, Indri Astuti beserta jajarannya, Kabupaten Subang mendapat dua poin yang akan diterapkan, yakni komitmen pimpinan dan kolaborasi.

"Ada dua poin yang kami garisbawahi dari keberhasilan Kota Tangerang yakni, tidak mengandalkan atau bergantung pada APBD, tapi berinovasi dan menciptakan kolaborasi. Sehingga simpul jaringan ini dapat berlangsung dengan optimal tanpa bergantung pada satu hal saja," kata Eti usai melakukan rapat di Ruang Tangerang Live Room, Puspem Kota Tangerang.

Baca juga: Pemkot Tangerang raih penghargaan penerapan budaya antikorupsi dari KPK

Ia pun menyatakan, pasca-kunjungan dan paparan hari ini, Kabupaten Subang akan mereplikasi pola kerja simpul jaringan Kota Tangerang, untuk memaksimalkan simpul jaringan Kabupaten Subang.

"Pastinya, kami akan terus berkomunikasi, dan meminta arahan dan bimbingannya pada Kota Tangerang, untuk Kabupaten Subang dapat bersanding dengan kemajuan geospasial Kota Tangerang," katanya

Subkoor Survei dan Akuisisi Data, Diskominfo, Kota Tangerang Iffi Nur Mukhlishotin menuturkan Pemkot Tangerang terbuka lebar untuk kota, kabupaten atau instansi mana pun untuk sama-sama belajar dan mengembangkan simpul jaringan informasi geospasial yang ada.

"Kami berkomitmen untuk siap membantu dan terbuka untuk sama-sama mengembangkan simpul jaringan informasi geospasial Kabupaten Subang dan Kota Tangerang untuk Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Kurangi polusi, BPBD Kota Tangerang kerahkan 20 armada semprot jalan
Baca juga: Awas, bakar sampah sembarangan bisa didenda Rp50 juta

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023