Serang (Antara News) - Presiden Joko Widodo mengingatkan keluarga nelayan di perkampungan nelayan Pelabuhan Karangantu, Kota Serang, untuk menjaga gizi ibu hamil dan anak-anak.

"Saya titip kepada ibu hamil, supaya anaknya yang di dalam kandungan dijaga betul. Sehingga kalau lahir nanti gizinya baik, maka saat lahir nanti akan jadi anak cerdas," kata Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke perkampungan nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Karangantu, Kota Serang, Banten.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, secara simbolis memberikan makanan tambahan, serta paket sembako kepada masyarakat Karangantu yang sebagian besar mata pencahariannya nelayan.

"Kuncinya disaat hamil, tambah lagi gizinya, makan yang mengandung protein seperti susu, tempe, telur, ikan," kata Presiden Joko Widodo.

Ia juga menyarankan kepada ibu-ibu hamil dan juga anak-anak untuk mengonsumsi makan tambahan seperti roti dan biskuit.

"Untuk ibu yang hamil dengan usia kandungan satu sampai tiga bulan, cukup dua keping sehari," kata presiden sambil menunjukkan biskuit atau makanan tambahan yang dibagikan kepada ibu-ibu hamil dan memiliki balita di lokasi tersebut.

Presiden juga menyarankan agar ibu-ibu memberikan kecukupan gizi bagi anak-anak sekolah supaya cerdas dan badannya sehat dan ideal.

"Anak sekolah makan enam keping setiap hari supaya cerdas, jangan sampai ada yang kurus yah," kata Presiden Joko Widodo.

Usai menyerahkan makanan tambahan serta paket sembako kepada warga, Presiden juga sempat memberikan hadiah sepeda kepada anak sekolah yang bisa menyebutkan lima butir Pancasila serta kepada ibu-ibu yang berhasil menjawab pertanyaan terkait alat kontrasepsi.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi seberat sekitar 950 Kg kepada perwakilan kelompok nelayan Karangantu.

Sebelum melakukan kunjungan ke Pelelangan Ikan di Pelabuhan Karangantu, Presiden Joko Widodo juga melakukan kunjungan ke Puskesmas Warunggunung di Kabupaten Lebak dan Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang.

Turut mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo, Gubernur Banten Rano Karno bersama Sekda Banten Ranta Suharta serta sejumlah Pejabat Pemprov Banten, Wali Kota Serang TB Haerul Jaman serta pejabat Pemkot Serang.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016