Cilegon (Antara News) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat mengamankan monyet jenis ekor panjang liar yang kerap berkunjung ke pemukiman warga tepatnya komplek BBS kelurahan Ciwedus Kecamatan Cilegon Kota Cilegon Banten.

Dua ekor monyet itu diamankan petugas setelah berhasil ditangkap dalam sebuah perangkap atau jebakan yang dipasang diatap rumah salah seorang warga pada Kamis (8/9). 

Shery warga sekitar mengaku, monyet liar itu ditemukan sudah seringkali berkeliaran disekitar pemukiman warga, hanya saja monyet yang jumlahnya sekitar empat sampai lima ekor itu kerap menghilang saat akan ditangkap. 

"Jadi ini sebetulnya sudah berbulan-bulan muncul di komplek kami. Tapi kalau mau ditangkap hilang. Awalnya kami pikir peliharaan warga yang lepas tapi makin lama kok jumlahnya bertambah makanya kami inisiatif lapor ke polres dan ahirnya disambungkan ke BKSDA Jabar wilayah serang," jelas Shery.

Sementara itu, Uday Udaya petugas BKSDA Jabar Wilayah Serang mengatakan, monyet liar tersebut diduga telah berkembang biak sehingga kerap muncul dipemukiman warga dan mengganggu kenyamanan lantaran kerap merusak tanaman yang berbuah dan menghampiri warga sekitar. 

"Setelah kita pasang perangkap ada tiga ekor monyet ekor panjang yang kita amankan. Tapi baru dua yang kita bawa untuk di lepas ke rawa danau di habitatnya. Monyet ini berkeliaran dan merusak buah tanaman warga karena lapar. Sementara satu ekor lagi terpaksa kita tahan dulu di rumah warga untuk memancing monyet lainnya," jelas Uday.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016