Cilegon (Antara News) - Siswa di kota Cilegon berhasil menyulap sampah menjadi kerajinan tangan menarik dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

        
"Kegiatan untuk memperingati hari lingkungan hidup ini dikuti sejumlah siswa sekota Cilegon dari tingkat SD sampai SMA," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Cilegon, Epud Saepudin di Cilegon, Kamis.

    
Para siswa menurut Epud diminta mengerahkan ide dan kreativitas untuk mengubah barang-barang yang sudah tidak terpakai berbahan kertas dan plastik menjadi hiasan yang menarik untuk ditempatkan di rumah, kantor, atau sekolah.

    
Jian diantaranya siswa kelas VI SD berhasil membuat kerajinan tangan berupa alun-alun Banten dan Landmark kota Cilegon.

    
"Cukup mudah, hanya membutuhkan waktu belajar selama seminggu untuk memanfaatkan limbah yang tidak terpakai," ujar Jian.

    
Epud Saepudin lebih jauh mengatakan upaya meminimalisir pencemaran lingkungan akibat sampah di wilayah Cilegon akan terus digalakan di tengah masyarakat, salah satunya dengan mendirikan bank sampah serta pembinaan agar bisa diterapkan disekolah-sekolah.

    
Terlebih menurut Epud, kegiatan tersebut dapat menularkan kreativitas di kalangan siswa dalam rangka meminimalisir pembuangan sampah yang jumlahnya sangat banyak di kota Cilegon.

    
"Kita selalu mengupayakan agar sampah tidak terbuang sia-sia karena didalamnya masih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk daur ulang. Kita berharap sekolah menjadi pelopor penggerak penularan kreatifitas pengolahan sampah yang lebih efektif, menjadi seni kreasi 'handycraft' yang bisa punya nilai ekonomi," jelas Epud.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016