Pembalap Jepang yang membela SDC MS Harc Pro Honda Ph Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia pada Rabu (16/8) usai mengalami kecelakaan parah di ARRC Sirkuit Mandalika 2023, Minggu (13/8).

Direktur RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dr Lalu Herman Mahaputra membenarkan meninggalnya pembalap muda asal Jepang yang membela SDC MS Harc Pro Honda Ph setelah menjalani perawatan intensif selama empat hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB.

"Meninggal hari Rabu (16/8) pukul 17.35 WITA di ruang ICU RSUD Provinsi NTB," ujarnya usai menghadiri peringatan HUT ke-78 RI di Kantor Gubernur NTB di Mataram, Kamis.

Ia menjelaskan Haruki Noguchi meninggal akibat cedera kepala berat akibat terjatuh saat mengikuti race 2 kelas ASB 1000 di Sirkuit Mandalika, Minggu (13/8).

"Penyebab kematian karena cedera kepala berat atau multipel trauma, mulai dari kepala sampai leher," terang dokter Jack sapaan akrabnya.

Baca juga: Negosiasi kelanjutan WSBK di Sirkuit Mandalika masih berlanjut

Dokter Jack mengakui selama dalam perawatan di RSUD Provinsi NTB, pihaknya melibatkan tim dokter terbaik. Mulai dari dokter spesialis emergency, dokter spesialis anestesi, dokter spesialis bedah saraf, spesialis bedah umum, spesialis radiologi, dan spesialis torak rediofaskuler.

Bahkan pihaknya juga sudah melakukan penanganan sesuai dengan SOP mulai evakuasi di sirkuit di tikungan 10 tempat Haruki Noguchi mengalami kecelakaan.

Namun meski sudah bekerja maksimal, takdir berkendak lain, pembalap berusia 22 tahun tersebut dinyatakan meninggal pada Rabu kemarin.

Saat ini kata dokter Jack, jenazah Haruki Noguchi masih berada di RSUD Provinsi NTB untuk menunggu proses pemulangan dari NTB ke Jepang.

Diketahui Haruki Noguchi merupakan pembalap berbakat asal Jepang. Dia juga menjadi penantang serius untuk Markus Reiterberger, pembalap asal Jerman yang memimpin klasemen kelas ASB 1000.

Hingga seri 4 di sirkuit Mandalika, Haruki Noguchi sudah mengoleksi 13 poin. Race kedua Asia Superbike (ASB) 1000 di Sirkuit Mandalika sejati-nya sudah berjalan beberapa lap. Namun, insiden mendadak terjadi ketika balapan masih menyisakan tujuh putaran.

Baca juga: Erick Thohir sebut WSBK di Sirkuit Mandalika masih nego harga
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pembalap Jepang meninggal setelah kecelakaan di Sirkuit Mandalika

Pewarta: Nur Imansyah

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023