Cilegon (Antara News) - Sovi, warga pemilik seekor primata asal Sumatra menyerahkan hewan yang selama ini menjadi peliharaannya selama kurang lebih dua puluh tahun kepada Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) provinsi Jawa Barat wilayah Banten, lantaran sudah tidak sanggup mengurusnya.

Sovi warga lingkungan komplek BBS II kelurahan Ciwedus, kecamatan Cilegon kota Cilegon, mengatakan, Jumat, alasan menyerahkan primata ini karena merasa tidak sanggup mengurus hewan kesayangan almarhumah ibundanya. Dia berharap hewan tersebut nantinya dapat dilepasliarkan.

Hewan primata jenis Monyet Beru yang diketahui merupakan hewan dari  habitat pulau Sumatra ini, diserahkan karena sang pemilik merasa kasihan pada hewan yang hidup dalam kerangkeng itu. 

Sementara itu menurut Uday Udaya petugas BKSDA Jabar wilayah Banten, mengaku hewan primata jenis monyet beru ini, belum masuk pada daftar hewan yang dilindungi.  tetapi hewan yang hanya terdapat di pulau
Sumatra itu, masuk pada daftar hewan yang diawasi, karena keberadaannya mulai langka, dan hanya terdapat di Pulau Sumatra.

"Kami sudah  terima laporannya, dan dalam waktu dekat hewan primata jenis Monyet Beru ini akan segera kita amankan. Monyet ini tidak masuk daftar hewan yang dilindungi tapi ini adalah hewan apendik yang kita awasi karena masuk daftar hewan langka dan hanya ada di pulau Sumatra,” jelas Uday. 

Nantinya Monyet Beru itu akan dikirim ke pusat lembaga konservasi di wilayah Bogor, untuk kembali dilatih hidup di alam liar sebelum nantinya kembali dilepas kembali ke habitatnya.

Pewarta: Susmiyatun Hayati

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016