Jakarta (Antara News) - PT Kino Indonesia Tbk berkerja sama dengan KidZania menyelenggarakan aktivitas bermain sambil belajar untuk mendorong anak-anak Indonesia lebih banyak melakukan aktivitas fisik serta bersosialisasi dengan teman-temannya.

"Berangkat dari keprihatinan kami banyak anak-anak yang lebih suka bermain dengan gadget serta jarang melakukan aktivitas fisik dan lebih banyak bergaul dengan teman-temannya, maka kami membuat kegiatan seperti ini," kata General Marketing PT Kino Indonesia Tbk, Merliana di Jakarta, Kamis.

Kegiatan yang berbarengan dengan peluncuran kemasan baru Larutan Cap Kaki Tiga Anak bertujuan memberikan pengalaman menyenangkan dan berkesan yang tidak akan terlupakan bagi anak-anak sampai nantinya menjadi dewasa, jelas Merliana.

Disampaikan juga kerja sama dengan KidZania karena tempat ini merupakan salah satu lokasi edutainment yang memberikan pengalaman baru bagi si kecil, dimana anak-anak dapat berlatih untuk mewujudkan cita-citanya, bisa mencoba profesi apapun yang mereka inginkan, seperti menjadi polisi, pemadam kebakaran, dokter, pilot, dan lain sebagainya.

"Establishment Police Station Cap Kaki Tiga Anak KidZania Jakarta ini sebenarnya telah diresmikan pada bulan Juni 2015, namun kali ini kami hadir kembali dengan rangkaian acara re-launching produk kemasan baru," ujar Merliana.

"Kami juga menyiapkan aktivitas yang baru dan menggembirakan bagi anak-anak yaitu lomba mewarnai kaleng. Kali ini menggunakan kaleng sebagai media mewarnai, ujar dia.

Kemudian melalui profesi polisi, anak diberikan edukasi bagaimana menjadi polisi yang baik, berani dan beraksi menangkap penjahat yang mencuri formula rahasia Larutan Cap Kaki Tiga Anak.

Setiap anak yang bermain di establishment ini akan memperoleh gaji sebesar 5 KidZos. ¿Permainan establishment Larutan Cap Kaki Tiga Anak Police Station ini sangat seru dan menantang sehingga menjadi favorit anak ¿ anak yang ke KidZania.

Tak hanya melatih fisik dan membuat bugar saat menangkap penjahat namun juga berperan mengembangkan logika berpikir anak dimana mereka mesti mengumpulkan petunjuk, menganalisa dan menyimpulkan lokasi penjahat untuk kemudian menangkapnya.

"Selain itu berperan sebagai polisi berarti memerangi kejahatan yang mana dapat membentuk karakter anak sebagai pribadi yang baik dan peduli terhadap sekitarnya," jelas Kerry Riza selaku City Mayor KidZania Jakarta.

Lebih jauh pakar psikolog Efnie mengatakan masa kecil merupakan masa yang indah bagi anak-anak karena pada masa inilah ikatan kasih sayang antara orang tua dan anak dibentuk yang menjadi dasar emotional attachment orang tua dan anak pada usia dewasa.

"Pertumbuhan anak-anak harus digarisbawahi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satunya dengan melatih anak untuk berfikir dan melakukan hal-hal yang kreatif sehingga anak sejak kecil akan terbiasa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda," ujar dia.

Lagipula, melakukan hal yang sama secara berulang dalam rutinitas keseharian akan menimbulkan kejenuhan tersendiri bagi anak, oleh karenanya anak membutuhkan variasi dalam melakukan hal apapun, jelas dia.

Efnie mengatakan peran Ibu menjadi sangat penting dalam menciptakan pengalaman baru bagi sang anak khususnya pengalaman yang dapat mengasah kreatifitas anak, karena hal ini dapat mengoptimalkan kecerdasan, membuat anak lebih bahagia dan percaya diri serta menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak melalui proses orang tua mendampingi anak saat berkegiatan kreatif. 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016