Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten Achmad Muchlis menyebutkan pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif merupakan langkah yang sangat penting untuk mencegah anak mengalami stunting.

"Upaya untuk percepatan penurunan stunting salah satunya pemberian ASI, di 6 bulan pertama pascakelahiran atau ASI Eksklusif, maka dari itu untuk ibu menyusui baik pekerja atau ibu rumah tangga jangan sampai melewatkan waktu tersebut karena sangat banyak manfaat yang akan di dapat oleh balita maupun ibunya sendiri," kata Kepala Dinas Kesehatan Achmad Muchlis dalam seminar bertajuk "Bersama-sama Dukung Ibu, Sukses Menyusui dan Bekerja" di Tangerang, Selasa.

Menurutnya, ASI menjadi sangat penting bagi perkembangan bayi, khususnya pada enam bulan pertama pasca kelahiran karena mengandung zat penting yang disebut ASI eksklusif.

Baca juga: Dinkes Lebak laksanakan penyuluhan kesehatan pada remaja

Selain itu, ASI eksklusif juga memberikan seluruh kebutuhan bayi dengan sempurna. Dengan begitu, stunting bisa mengalami penurunan jika balita mendapat ASI yang tepat.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Nina Lisnawati Romli menyebutkan, poin penting dalam perkembangan kesehatan anak yaitu pemberian ASI pada bayi. Sebagaimana diketahui, menyusui memiliki dampak yang sangat signifikan dalam menurunkan kematian bayi.

Mudah-mudahan momentum  Pekan ASI Sedunia tahun 2023 ini akan meningkatkan pengetahuan atas pemberian ASI,  khususnya untuk ibu bekerja sehingga tercapai anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas," harap dia.

Baca juga: Kapolda Banten ajak jajarannya berpartisipasi dalam penurunan stunting
Baca juga: Pemberian ASI yang baik disebut mampu cegah stunting pada anak

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023