Tangerang (Antara News) - Sebanyak 50 persen jamaah calon haji asal Provinsi Banten berusia lanjut usia (Lansia) dengan usia 60-70 tahun.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Banten Moh Agus Salim di Tangerang, Senin, mengatakan untuk jamaah yang berusia lanjut akan didampingi oleh petugas.

"Kita sudah siapkan petugas yang nantinya akan membantu jamaah lansia. Sebab, ada beberapa jamaah yang memiliki penyakit juga," katanya saat ditemui usai pelepasan jamaah calon haji di Masjid Raya Al Azhom Kota Tangerang.

Di tempat terpisah, Kepala bidang perjalanan haji dan umroh Kanwil Kemenag Banten Lukman Hakim mengatakan, rata-rata usia jamaah calon haji berusia 60-70 tahun dan ada seorang yang mencapai usia 92 tahun.

"Karena berdasarkan kebijakan pemerintah, para lansia yang sudah mendaftar agar menjadi prioritas. Sehingga bisa dipastikan, para lansia ini mendapatkan kesempatan terlebih dahulu dari pada jamaah yang dianggap masih muda," kata Lukman.

"Kami berharap TPHD Banten bisa bekerja maksimal dalam melakukan pendampingan jamaah haji. Sehingga jangan sampai ada kasus hilangnya jamaah karena tidak ada pendamping yang mengarahkan selama dalam proses ibadah haji di tanah suci," kata Lukman.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016