Serang (Antara News) - Persediaan elpiji kemasan tiga kilogram di kota Serang, Banten masih mencukupi, setelah usai lebaran lalu dibeberapa lokasi sempat mengalami kelangkaan.

"Untuk ukuran tiga kilogram stoknya masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya," kata Hajari karyawan agen gas PT Pusaka Abadi Rahardja di Serang, Jumat.

Terkait harga, Hajari mengatakan ditingkat agen harga  dipatok Rp19.000 meskipun stok berkurang. Harga mengalami kenaikan biasanya ditingkat pengecer karena dipengaruhi pasokan.

Para pengecer biasanya membeli dari agen kemudian menjual kembali ke konsumen dengan kisaran harga Rp20.000 - Rp22.000 per tabung di saat normal, jelas dia.

Hasil pantauan Antara harga gas kemasan 3 kilogram sudah kembali normal, setelah sempat dilaporkan mengalami kenaikan usai lebaran beberapa waktu lalu.

Terdapat beberapa daerah di Banten yang sempat mengalami kelangkaan gas terutama isi tiga kilogram setelah lebaran seperti dialami kabupaten Tangerang. Pemerintah setempat harus meminta tambahan sebanyak 30 persen lagi kepada Pertamina dan Hiswana Migas.

"Tujuan penambahan agar stok mencukupi dan tidak ada lagi permainan harga oleh para agen," kata Kepala Disperindag Pemkab Tangerang Jarnaji.

Jarnaji mengatakan pasokan elpiji terutama tiga kilogram diberbagai daerah seharusnya terjaga keberlangsungannya sesuai dengan permintaan. Hal ini untuk menghindarkan terjadinya spekulasi.

Pewarta: Danu, Elly, Dyah

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016