Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Metrologi Legal Kota Tangerang melakukan tera ulang terhadap sistem parkir di pusat perbelanjaan untuk menjaga jaminan kebenaran hasil pengukuran dalam transaksi perparkiran antara penyedia fasilitas parkir dengan pemilik kendaraan.

"Hasilnya, semua alat ukur pencatat waktu yang digunakan dalam kondisi baik. Kami juga telah membubuhkan cap tanda tera untuk menandakan alat ukur yang digunakan telah sesuai dengan standar yang ditentukan,” kata Kepala UPTP Metrologi Legal Kota Tangerang Gunawan usai melaksanakan tera ulang di Pusat belanja Tangerang City, Selasa.

Gunawan menambahkan proses tera ulang meteran parkir ini dilakukan dengan melakukan proses pengujian kembali secara berkala terhadap alat ukur pencatat waktu yang digunakan di sistem parkir milik penyedia.

Baca juga: Alat timbangan di sejumlah pabrik di Tangerang hingga SPBU ditera ulang

Ia melanjutkan UPTP Metrologi Legal Kota Tangerang tidak hanya melakukan proses tera ulang terhadap mekanisme parkir saja. Pada operasionalisasi tera ulang periode 24 - 28 Juli 2023, proses tera ulang juga dilakukan di berbagai lokasi lainnya di Kota Tangerang.

Misalnya, proses tera ulang timbangan elektronik di PT. Asia Carton Lestari, tera ulang timbangan jembatan di PT. Gajah Tunggal, tera ulang timbangan elektronik di PT. Wihadil Chemical Industry, dan tera ulang pengukur Bahan Bakar Minyak di SPBU 34-15150 Kota Tangerang.

Tidak hanya itu, UPTP Metrologi Legal Kota Tangerang juga melakukan tera ulang di beberapa industri di Kota Tangerang. Proses tera ulang ini dilakukan untuk menjamin alat ukur, alat takar, dan alat timbang yang digunakan di proses produksi tersebut, dioperasikan berdasarkan standar yang telah ditentukan.

"Proses pelayanan tera dan tera ulang ini akan terus dilakukan secara berkala di titik-titik lokasi lainnya untuk merealisasikan gerakan 3M, yakni masyarakat melek metrologi agar kondisi tertib ukur selalu terjaga di Kota Tangerang," pungkas Gunawan.

Baca juga: Lembaga pendidikan agama dinilai berperan cetak generasi berdaya saing
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023