Tangerang (Antara News) - Kota Tangerang kembali meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diserahkan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Penghargaan Adipura untuk kategori Metropolitan yang diraih tahun ini adalah Adipura Kirana yang merupakan penghargaan kepada kota-kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan, pariwisata dan investasi berbasis lingkungan hidup.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Sabtu, mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada semua pihak terutama para petugas kebersihan yang telah bekerja siang dan malam untuk menjaga kebersihan Kota Tangerang.

Selain tentunya masyarakat Kota Tangerang yang secara perlahan telah menampakkan kepeduliannya terhadap kebersihan dan kenyamanan Kota.

"Kita bersyukur mendapat apresiasi Adipura dari pemerintah pusat, tentunya semua itu tidak akan ada artinya bila masyarakat juga masih berperilaku seenaknya, tidak peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar. Untuk itu mari bersama-sama kita menjadikan kota kita ini sebagai rumah yang nyaman untuk ditinggali baik bagi warganya maupun siapapun yang berkunjung ke Tangerang, karena Tangerang bukan milikku, milikmu tapi milik kita semua," katanya.

Perlu diketahui, proses penilaian Piala Adipura dilakukan sejak 2015 dan dilakukan dalam dua tahapan yakni fisik meliputi rumah sakit, pemukiman, sekolah, pasar, terminal, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan sungai, serta penilaian non fisik berupa presentasi.

Dengan tahapan seleksi berupa tinjauan langsung, presentasi, verifikasi dan penentuan kota yang akan menerima. Dan penilaian tersebut dilakukan oleh Dewan Adipura yang terdiri dari para pakar lingkungan hidup Indonesia dan juga LSM dan Akademisi.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016