Serang (Antara News) - Bagi Yani Cahyani profesinya sebagai seorang guru menuntut untuk menyenangi pekerjaannya, sebab kalau tidak hal itu justru akan menjadi beban.

Siapa sangka Yani yang sekarang ini mengajar matematika ternyata sebelumnya justru berkarir sebagai tata usaha sekolah. Namun berkat dorongan dari rekan dan keluarganya diapun memilih menjadi pengajar hingga sekarang.

Yani mengatakan untuk menjadi pengajar mensyaratkan berpendidikan sebagai sarjana. Ketika itu dirinya bertekat menyelesaikan kuliah dibidang matematika sambil berkerja dan ternyata berhasil.

Yani yang menjabat sebagai guru matematika PGRI 1 kota Serang ini mengaku profesi sebagai guru ini tidak pernah terbayangkan saat kecil. Justru sejak kecil dirinya bercita-cita untuk menjadi pekerja kantor yang berkerja di belakang meja.

Yani mengaku senang apabila semua anak didiknya lulus sekolah namun memiliki karakter untuk bertanggungjawab. Untuk itu dia sangat memperhatikan sekali kedisplinan para siswa dalam mengikuti peraturan sekolah.

"Siswa yang disiplin untuk belajar, beribadah, serta mengikuti kegiatan sekolah akan kami berikan nilai tambah. Sehingga saya memberikan nilai bukan sekedar prestasi akademik tetapi juga kedisplinan," ujar Yani. 

Yani mengakui disiplin terhadap waktu diterapkan dirinya sejak kecil sampai sekarang. Ibu tiga anak ini sehari-harinya harus bangun jam 4.00 pagi untuk menyiapkan sarapan dan berangkat jam 6.15 bersama suami mengantarkan anak-anak  ke sekolah masing-masing, serta sampai ke tempat mengajar tepat pukul 6:45.

"Pertama saya mengantar anak pertama baru masuk kelas 7 ini ke MTS,setelah itu adik-adiknya yang berumur 6 tahun kelas 2 dan yang berumur 10 tahun kelas 4 ini ke SD Islam Tirtayasa,lalu saya bersama
suami yang kebetulan berkerja di PGRI 1 sebagai Administrasi Sekolah baru berangkat ke PGRI tepat jam 06:45," kata Yani.

Yani juga memiliki pengalaman untuk mendisplinkan anak-anaknya agar bangun tepat waktu. Awalnya memang sulit bangun pagi, namun dirinya punya kiat khusus yakni saat anaknya masih tidur dibopong ke kamar mandi, pasti langsung bangun. Sekarang ini mereka sudah terbiasa untuk bangun pagi.

Pewarta: Danu

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016