Hadirnya gerbang Nagrak Jalan Tol Cimanggis - Jatikarya membuat jalan Transyogi yang biasanya kerap macet saat jam-jam sibuk kini mulai lancar.

Beberapa titik menyempit (bottleneck) sudah tidak sepadat lagi sejak Gerbang Tol Jatikarya dan Gerbang Tol Nagrak dibuka.

Ruas Jalan Tol Jatikarya – Nagrak ini merupakan seksi 2A dari pembangunan Tol Cimanggis – Cibitung (Tol Cimaci). 

Ruas tol ini terintegrasi dengan Tol Jagorawi, Tol Jakarta – Cikampek, dan Tol Depok – Antasari (Tol Andara) yang juga tersambung ke berbagai jalan tol di Pulau Jawa.

Baca juga: CitraLand Cibubur luncurkan klaster baru bernuansa alam

Dengan adanya kedua gerbang tol tersebut jelas memberikan dampak sangat positif terhadap pertumbuhan pasar properti di jalur Transyogi, yang sejak dahulu menjadi kawasan hunian favorit karena polusi udara yang rendah dan keasrian lingkungannya.

Bukti dari berkah dibukanya Gerbang Tol Jatikarya dan Gerbang Tol Nagrak, beberapa perumahan sekitar mengalami peningkatan penjualan rumah dan ruko yang signifikan di semester I 2023. Akses menuju perumahan yang berada di kawasan Cileungsi pun menjadi pilihan menarik saat ini.

Sebagai contohnya perumahan CitraLand Cibubur, salah satu pengembangan perumahan oleh Ciputra Group, ini berjarak kurang dari 10 km dari Gerbang Tol Nagrak saat ini hanya memakan waktu tempuh 10 menit menuju lokasi proyek.

Menurut Department Head Marketing & Sales CitraLand Cibubur, Galih PS Putri, pemasaran CitraLand Cibubur tergolong unik. Sebelum dibukanya Gerbang Tol Jatikarya dan Gerbang Tol Nagrak, aksesibilitas di sepanjang Jalan Transyogi, kerap dihadapkan dengan kendala kemacetan. Meski demikian target marketing sales-nya selalu tercapai.

Banyak konsumen, kata Putri, sudah janji berkunjung ke CitraLand Cibubur namun sebagian kecil urung melanjutkan perjalanannya, karena kesal dengan parahnya kemacetan di Jalan Transyogi. Sehingga ada sebagian potential buyers yang beralih pilihan.

"Namun yang mengejutkan, pada saat masa pandemi selama dua tahun lalu, dimana akses sepanjang Jalan Transyogi lancar tanpa hambatan, penjualan kami meningkat signifikan. Penjualan CitraLand over target hingga 120 persen dan tercatat paling tinggi dalam 3 tahun terakhir. Jadi kami berkesimpulan, bahwa masalahnya adalah kepadatan lalu lintas sehingga banyak konsumen tidak dapat langsung melihat pesona perumahan ini,” kata Putri saat ditemui sejumlah awak media, Sabtu 29 Juli 2023, di Transyogi.

Putri mengatakan, kebanyakan konsumen akan lebih tertarik kalau sudah melihat lingkungan yang rapi dan kawasan nyaman di CitraLand Cibubur. Tidak hanya cluster baru, cluster lama Monteverde dan Monterrey yang sudah dihuni oleh ratusan warga pun lingkungannya tetap tertata
rapi.

Pendapat ini, lanjutnya, diperkuat saat beroperasinya dua gerbang tol membuat Jalan Transyogi maju lancar. Puncaknya pada awal Mei 2023 CitraLand Cibubur me-launching Cluster Baru Montana yang bertepatan baru dibukanya Gerbang Tol Nagrak. Di bulan Mei itu saja, perumahan Ciputra Group ini menjual rumah di Montana tahap 1 sekitar 96 unit. Pada penjualan Cluster Baru Montana tahap 1, pengembang menawarkan 200 unit rumah dengan harga mulai Rp1 miliar.

Makin mudah

Di samping itu, Putri optimis, jalur Transyogi ini makin lancar dan mudah diakses setelah diresmikannya layanan moda berbasis kereta ringan yaitu Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek pada 12 Juli 2023. 

Warga Transyogi dapat memanfaatkan LRT dari Stasiun Harjamukti tepat berada di dekat pintu masuk Taman Wiladatika, Cibubur. Dari titik tersebut, masyarakat dapat berjalan kaki selama lima menit atau menggunakan transportasi ojek daring area gate in stasiun.

Stasiun Harjamukti letaknya cukup strategis karena tepat berada di seberang Mall Cibubur Junction. Selain itu juga letaknya tidak terlalu jauh dari halte bus Transjakarta Cibubur. Rute LRT Jabodebek adalah Stasiun LRT Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, dan Harjamukti (Cibubur).

Putri menyatakan, meski tidak melintas langsung di jalur Transyogi, namun keberadaan Stasiun LRT Harjamukti akan mengurangi warga menggunakan kendaraan pribadi menuju tempat kerjanya. Artinya akan mengurangi kedapatan kendaraan di Jalan Transyogi, terutama pada jam-jam pergi dan pulang kantor.

"Sekarang ini akses Jalan Transyogi jauh lebih lancar dibandingkan tiga tahun lalu. Kondisi ini menjadikan kami optimis, penjualan CitraLand Cibubur tahun ini bisa melampaui target. Selain secara konsisten melakukan inovasi produk-produk rumah yang dipasarkan, akhir tahun ini kami berencana akan membangun fasilitas komersial yang akan menjadi icon CitraLand Cibubur," ungkapnya.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023