Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno didampingi Kepala Kepolisian Daerah setempat Brigjen Pol Ahmad Dofiri dan sejumlah pejabat memantau pelayanan arus mudik Lebaran 2016 di Terminal Bus Pakupatan Kota Serang, Sabtu.

Pantauan langsung tersebut untuk memastikan kesiapan pelayanan angkutan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan antarkota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Pakupatan Kota Serang.

Dalam pantauan tersebut, Gubernur sempat masuk bus jurusan Merak-Kalideres dan Merak Bandung, Gubernur berbincang dengan awak bus dan para penumpang dan meminta sopir serta para penumpang berhati-hati dalam perjalanan.

"Hati-hati dalam perjalanan. Mudah-mudahan semuanya selamat sampai tujuan karena keluarga menunggu di kampung halaman," kata Rano Karno yang juga menyempatkan untuk berfoto-foto dan bersalaman dengan para penumpang.  

Usai memantau sekitar 15 menit di Terminal tersebut, Gubernur mengatakan hingga H-4 pelaksanaan arus mudik di Terminal Pakupatan Kota Serang terpantau lancar dan aman.

"Memang kalau melihat waktu saat ini belum terlalu padat, tapi sudah mulai ada peningkatan," kata Rano Karno.

Menurutnya, berdasarkan laporan, aktivitas arus mudik di Pelabuham Merak sudah mengalami peningkatan sejak kemarin malam, ia juga akan memantau langsung pelaksanaan arus mudik di Pelabuhan Merak Cilegon.

"Yang luar biasa adala Pelabuhan Merak sudah meningkat nanti kita bersama Kapolda pantau disana. Tapi tidak ke Pelabuhannya karena takut mengganggu aktivitas disana, paling kita pantau di pokso saja," katanya.

Menurutnya, ada dua titik fokus dalam pelayanan arus mudik serta pascalebaran di Banten, yakni di Pelabuhan Merak dan di jalan menunuju kawasan wisata Pantai Anyer Carita setelah lebaran.

"Ada dua titik yang jadi fokus perhatian kita, yakni Merak dan Anyer," kata gubernur.

Diterminal Pakupatan, Gubernur juga sempat melihat aktivitas tes urin yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP). Tes urine tersebut dipantau langsung Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten Kombes Pol Heru Pebruanto.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016