Serang (Antara News) - Dinas Kesehatan Provinsi Banten bersama kabupaten/kota serta pihak swasta menyiagakan sebanyak 293 posko kesehatan di jalur mudik, dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang melintas di wilayah Banten.

"Selain posko yang jumlahnya 293 posko tersebar di delapan kabupaten/kota, juga Puskesmas dan RSUD yang berada di jalur mudik beroperasi selama 24 jam selama arus mudik dan balik," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten HM Yanuar di Serang, Minggu.

Menurut Yanuar, posko pelayanan arus mudik lebaran tersebut beroperasi sejak 28 Juni 2016 dan selesai pada 10 Juli 2016. Adapun posko-posko tersebut terdiri dari posko utama yang berada di puskesmas di delapan kabupaten/kota sebanyak 234 puskesmas, kemudian posko tambahan yang berjumlah 51 dan posko kendali di masing-masing dinas kabupaten/kota sebanyak delapan posko.

Ia mengatakan, sebanyak 234 puskesmas atau posko utama, posko tambahan dan posko kendali tersebut tersebar di delapan kabupaten/kota yakni di Kabupaten Tangerang ada 44 posko utama atau puskesmas di jalur mudik, 10 posko tambahan dan satu pokso kendali, kemudian di Kota Tangerang 32 posko utama, tujuh posko tambahan dan satu posko kendali, di Kota Tangerang Selatan 25 posko utama, tujuh posko tambahan dan satu  posko kendali.

Selanjutnya di Kabupaten Serang ada 31 posko utama di jalur mudik, empat posko lapangan dan satu posko kendali, di Kabupaten Pandeglang ada 36 posko utama, tujuh posko tambahan dan satu posko kendali,  di Kabupaten Lebak sebanyak 42 posko utama, enam posko tambahan dan satu posko kendali.

"Kota Cilegon ada delapan posko utama, empat posko tambahan serta satu posko kendala dan di Kota Serang ada 16 posko utama, enam posko tambahan dan satu posko kendali," kata Yanuar.

Selain itu, kata Yanuar, ada dua Pos Kesehatan di dalam tol Tangerang-Merak yakni di Rest Area 68 yang diselenggarakan oleh tim kesehatan PT Marga Mandala Sakti (MMS) selaku operator tol Tangerang-Merak. Kemudian ada juga sayu pos kesehatan di Jalan Raya Palima Kota Serang yang dilaksanakan oleh tim kesehatan Dinas Kesehatan Kota Serang.

"Terdapat 234 puskesmas siaga lebaran dan 80 Rumah Sakit di Banten yang juga siaga selama lebaran ini," kata Yanuar didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Provinsi Banten Didin Aliyudin.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016