Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengemukakan penduduk di kawasan penyangga ibu kota menjadi penyumbang angka kasus obesitas nasional yang sedang tumbuh secara drastis.    

"Ada peningkatan yang begitu drastis di masyarakat tentang obesitas. Ini mungkin dipicu oleh pendapatan yang makin meningkat, terutama angka obesitas ini banyak dari daerah penyangga, seperti di Tangerang, Depok, Bogor, itu lebih tinggi dari Jakarta," kata Dante Saksono Harbuwono dalam Dialog FMB9 diikuti dalam jaringan di Jakarta, Senin.  

Laporan itu diperoleh Dante berdasarkan hasil survei Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang menunjukkan peningkatan laju obesitas dari 15,3 persen pada 2013 menjadi 21,8 persen di 2018.  

Baca juga: Hasil skrining Dinkes, 20 ribu warga Kota Tangerang alami obesitas

Dikatakan Dante pendapatan masyarakat yang semakin meningkat memiliki pengaruh pada obesitas jika tidak diiringi dengan pengetahuan seputar konsumsi makanan yang tepat.

Dante mengajak masyarakat untuk menjadi smart eater dengan cara memilah secara cerdas ragam makanan yang akan dikonsumsi guna mencegah dampak buruk obesitas.  

"Jadi sebelum dia makan, sebelum beli makanan, dia baca dulu kalorinya berapa, sehingga bisa diperhitungkan dampaknya," kata Dante Saksono Harbuwono

Ia mengatakan, indeks masa tubuh pada anak dapat dihitung dengan rumus membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter kuadrat) untuk mengetahui status gizi yang didapat.  
 
Baca juga: Cipto, pria berbobot 200 kilogram kemungkinan dirujuk ke RSCM
Baca juga: RSUD Kota Tangerang rujuk anak berbobot 300 kilogram ke RSCM
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkes sebut obesitas banyak berasal dari daerah penyangga ibu kota

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023