Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang melakukan sterilisasi pedagang kaki lima (PKL) liar di dalam area acara Festival Al Azhom 2023.

Sekretaris Satpol PP Kota Tangerang Agapito de Araujo di Tangerang, Banten, Sabtu, menuturkan bahwa itu merupakan upaya untuk mewujudkan keamanan, kenyamanan, dan ketertiban selama berlangsungnya  festival tersebut.

"Kami melakukan sterilisasi PKL, mengatur lalu lintas, mengatur sistem parkir, mengontrol keamanan secara umum, hingga menindaklanjuti laporan masyarakat yang masuk melalui kanal pengaduan," katanya.

Personel Satpol PP juga membantu keamanan di lokasi pameran artefak Nabi Muhammad SAW di Gedung MUI Kota Tangerang sebab antusias masyarakat sangat besar.

Baca juga: Pemkot Tangerang gelar gerakan pangan murah di Festival Al-Azhom

Ia mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan 30 personel setiap harinya yang bertugas selama 24 jam penuh dengan pembagian tiga shift kerja, yakni pukul 06.00—14.00, 14.00—22.00, dan 22.00—06.00 WIB.

Satpol PP juga membuat mekanisme tugas khusus dengan membagi tugas tiap kelompok personel di berbagai titik penjuru lokasi acara melakukan keamanan dengan personel lainnya.

"Bila ada masyarakat yang membuat laporan keamanan selama acara berjalan, kami tindak lanjuti secara sigap," katanya.

Acara 1 dekade Festival Al Azhom berlangsung mulai 18 hingga 30 Juli 2023 di kawasan Masjid Raya Al Azhom.

Ketua Pelaksana 1 Dekade Festival Al Azhom Sukirman menjelaskan bahwa kehadiran pameran artefak Nabi Muhammad SAW dalam kegiatan ini merupakan yang kedua.

"Pameran artefak ini akan dibuka sejak hari pertama Festival Al Azhom hingga selesai. Banyak pengunjung yang datang dari luar daerah," kata Sukirman.

Baca juga: Gamis Rasulullah SAW di pameran artefak buat pengunjung terkesima
Baca juga: Puluhan santri Kota Tangerang ikuti lomba kaligrafi

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023